Senin, 23 Juli 2012

Pantura Jalur Terpadat di Dunia

AMBARAWA- Menteri Pekerjaan Umum (PU) RI Djoko Kirmanto menyatakan, jalan Pantai Utara Jawa atau Pantura merupakan jalur paling berat dan terpadat di dunia. Berdasarkan data yang ada, ruas jalur Pantura setiap harinya rata-rata dilalui 40 ribu berbagai jenis kendaraan.
”Jika dibandingkan dengan China, jalur Pantura masih lebih berat bebannya. Setiap hari paling tidak ada 40 ribu kendaraan berbagai jenis yang melalui Pantura, artinya mungkin ini merupakan jalur terpadat di dunia,” katanya, seusai meresmikan tiga proyek ruas jalan di Jawa Tengah, meliputi pembangunan Jalur Lingkar Ambarawa (JLA), serta proyek peningkatan ruas jalan dari dua menjadi empat lajur pada ruas Magelang-Keprekan dan ruas Boyolali-Kartosuro di pertigaan jalan masuk JLA, Dusun Bintangan, Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (23/7) sore.
Menurutnya, di samping jumlah kendaraan yang luar biasa biasa banyaknya, jalur Pantura juga harus menanggung beban yang luar biasa pula. Sehingga jika diteliti lebih lanjut, tingkat keawetan jalan Pantura dan jalan di Indonesia sangat bergantung pada jumlah kendaraan dan beban yang melewati.
”Kedua faktor tersebut yang membuat ruas jalan dan jembatan rusak sebelum waktunya,” tandasnya.
Diperbaiki
Lebih lanjut diterangkan Menteri PU, semua perbaikan jalan di Indonesia dilakukan bukan karena akan ada lebaran. Jalan dan jembatan itu punya umur. Sama seperti manusia, jika suatu saat umurnya maka harus diganti atau diperbaiki.
Meski belum sepenuhnya selesai pengerjaannya, pada saat mudik dan balik lebaran nanti jalur Pantura sudah bisa difungsikan atau dilalui kendaraan.
Semua pekerjaan akan dihentikan sementara ketika mendekati lebaran. Langkah ini diambil agar masyarakat pengguna jalan tidak terganggu dengan aktivitas pekerja.
Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo mengatakan, pembangunan serta perbaikan sejumlah ruas jalan dan jembatan di Jawa Tengah akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi. Terlebih saat ini jalur lintas selatan-selatan penghubung antara Jawa Tengah (Purworejo) menuju wilayah Jawa Barat sudah dimulai pengerjaannya. (H86,77)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/24/193767/Pantura-Jalur-Terpadat-di-Dunia(/)

0 komentar:

Poskan Komentar