Jumat, 07 September 2012

Produk Tegal Dipamerkan di PRPP

HASIL produksi inovasi dari Kabupaten Tegal, sejak Kamis (6/9) hingga Sabtu (8/9), dipamerkan di Semarang dalam ajang Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP). Jumlah produk hasil karya perajin asal daerah yang dipamerkan ini, ada 13 mesin inovasi. Mesin tersebut merupakan teknologi tepat guna yang dibutuhkan oleh masyarakat baik untuk industri kecil maupun besar.
Kepala Seksi Industri dan Aneka, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tegal, Edy Suharno, mengatakan, sebanyak 13 buah mesin inovasi yang dipamerkan antara lain, mesin pembuat pallet ikan, vacuum frying untuk membuat kripik buah, mesin cup seller untuk mengemas produk makanan dan minuman, dan mesin pembuat keramik. Produk tersebut hasil rekayasa teknologi yang dilakukan oleh pelaku industri logam di Kabupaten Tegal. Mesin hasil inovasi tersebut sebagian besar menggunakan komponen dalam negeri, sehingga untuk mendapatkan suku cadangnya lebih mudah.  "Mesin diproduksi dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Bahkan, komponennya didapat dari dalam negeri," ujar Edy, kemarin.
Produk inovasi itu, kata Edy, kerap diikutsertakan dalam berbagai macam pameran, baik di tingkat regional, maupun nasional. Harga mesin tersebut, juga cukup terjangkau bagi kalangan industri kecil dan menengah. Tak heran, produk itu pun banyak dikenal oleh pelaku usaha daerah. Perajin kerap mendapat pesanan dari mereka yang membutuhkan.  "Dengan adanya produk inovasi dengan harga terjangkau, tentunya bisa menumbuhkan berbagai macam industri di Indonesia. Sedangkan untuk mesin industri berat, pengusaha masih mendatangkan dari luar negeri. Sebab, dari daerah belum mampu memproduksinya," pungkasnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Produk-Tegal-Dipamerkan-di-PRPP.html

0 komentar:

Poskan Komentar