Minggu, 02 September 2012

RSI Harapan Anda-Bantu Air Bersih

RUMAH SAKIT ISLAM (RSI) Harapan Anda Kota Tegal, Jumat (31/8) pagi, memberikan bantuan air bersih ke warga Desa Kertasari Kecamatan Suradadi. Air bersih sebanyak 2 tangki itu, dibagikan ke sejumlah pedukuhan desa setempat. Diantaranya, Pedukuhan Siwen, Blendung, dan Pedukuhan Kertasari. Dalam pembagian itu, warga tidak dibatasi. Warga boleh mengambil sebanyak-banyaknya tanpa harus mengeluarkan biaya. Antrian panjang tampak terlihat di belakang truk tangki tersebut. Warga dengan membawa ember dan dirigen, saling berebut untuk mendapatkan air tersebut.
Staf Humas RSI Harapan Anda Kota Tegal, Akson Febrian, mengatakan, jumlah air bersih yang dibagikan, sebanyak 2 tangki atau 10 ribu liter. Air tersebut didapatnya dari PDAM Kota Tegal. Rencananya, setelah pembagian air di desa ini sukses, pihaknya mengaku akan mengirim bantuan lagi untuk desa-desa lainnya yang mengalami krisis air bersih. "Bantuan ke desa ini, berkat kerja sama kami dengan rekan-rekan wartawan. Karena itu, kami terima kasih sekali kepada mereka (wartawan) yang telah menginformasikan tentang bencana kekeringan ini kepada kami," kata Akson, di sela-sela pembagian air, Jumat pagi kemarin.
Akson mengaku, sebelum memberi bantuan ke Desa Kertasari, RSI juga pernah memberikan bantuan air bersih di Kelurahan Kalinyamat Kulon Kota Tegal. Di sana juga pihaknya mengirim sebanyak 2 tangki air bersih yang didapatnya dari PDAM Kota Tegal. Dirinya tak menampik, untuk mendapatkan air bersih di bulan ini, sangat lah sulit. Terlebih di Kabupaten Tegal. Pihaknya mengaku harus mengantri beberapa hari untuk mendapatkannya. Kami beli air ini di Kota Tegal. Dan kebetulan, stoknya sangat tipis (sedikit) sekali," ujarnya.
Camat Suradadi, Tri Guntoro, mengucapkan terima kasih kepada RSI Harapan Anda yang telah memberikan bantuan air bersih di wilayahnya. Menurutnya, dengan adanya bantuan tersebut, warga tidak kesulitan lagi mencari air bersih. "Warga kami sangat terbantu dengan adanya kiriman air bersih ini. Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada RSI," ucapnya.
Dia mengutarakan, setiap harinya, warga sekitar selalu mengkonsumsi air sungai untuk keperluan rumah tangga seperti untuk mandi, cuci, dan kakus (MCK). Sedangkan untuk air minum, warga harus rela membeli ke pedagang keliling dengan harga Rp 3000 per derigen. Adapun warga yang tidak mampu membeli, mereka terpaksa mengkonsumsi air sungai yang sebelumnya sudah di saring di penampungan air atau sumur buatan.  Setiap musim kemarau, mereka harus bersusah payah untuk mencari air ke sana kemari," katanya.
Sementara bantuan dari Pemkab Tegal, Tri mengaku, dalam waktu dekat ini akan segera dikirim ke sejumlah desa di wilayah kerjanya. Terutama di desa yang membutuhkan seperti Desa Gembongdadi, Harjosari, Karang Mulya, Jatimulya, dan Desa Kertasari itu sendiri. "Kami sudah lapor ke Pemkab. Mungkin tidak lama lagi, bantuan air bersih akan di kirim," pungkasnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, luas lahan pertanian di Kecamatan Suradadi dan Warureja yang terancam puso dan gagal panen, mencapai 3500 hektar lebih. Adapun luas lahan tanaman padi keseluruhan di Kecamatan Suradadi, 1.334 hektar. Sedangkan tanaman tebu, 1.088 hektar. Sementara luas lahan padi di Kecamatan Warureja, mencapai 1.757 hektar dan tanaman tebu, 1.389 hektar. (yeri novel)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/RSI-Harapan-Anda-Bantu-Air-Bersih.html

0 komentar:

Poskan Komentar