Senin, 16 Januari 2012

DPU Kekurangan Tenaga Pengawas

SLAWI - Sepanjang 250 km jalan Kabupaten dari sekitar 700 km jalan yang ada tahun 2012 bakal dilakukan pemeliharaan. Salah satu sarana pendukung kegiatan itu adalah walles (slender). Jumlah yang ada saat ini sekitar 18 walles, 15 dalam kondisi sehat dan 2 over hold sedang satu rusak. Namun kondisi walles saat ini kebanyakan lanjut usia dan sering dilakukan perawatan.
 Disisi lain, jumlah tenaga pengawas baik untuk Bidang Binamarga maupun Pengairan dirasa masih kurang. Untuk memaksimalkan kinerja pengawas, DPU memanfaatkan tenaga yang ada dan bakal mencari PNS yang ada dilingkungan Pemkab Tegal dengan basik teknik, untuk diperbantukan. “Dari 15 walles yang sehat, 9 berada di DPU dan 6 berada di UPTD Binamarga yang ada di bawah naungan DPU,” kata Kepala DPU Pemkab Tegal, Ir Eling Susiardi MT, melalui Sekretaris DPU, Jefri Yusuf SE, kemarin.
 Dikatakan Jefri, dari jumlah walles yang ada dirasa cukup untuk kegiatan pemeliharaan (maintenance) 250 km jalan kabupaten yang bakal dikerjakan. Justeru saat ini yang menjadi kendala pada sejumlah kegiatan pada dinas itu adalah tenaga pengawas. Karena dari jumlah yang ada, baik pada Bidang Binamarga maupun Pengairan, dirasa masih sangat kurang.
 Menurut dia, untuk tenaga pengawas pada Bidang Binarmarga saat setiap UPTD, baru ada sekitar 5-15 tenaga pengawas. Padahal, berbicara jumlah yang harus tercukupi sekitar 20-25 tenaga pengawas kegiatan. “Jadi jika melihat angka saat ini jumlah tenga pengawas di UPTD Bidang Binamarga, kekurangan tenaga pengawas mencapai puluhan tenaga,” ujarnya.
 Sedang untuk jumlah tenaga pengewas pada UPTD Bidang Pengairan, juga hampir sama. Untuk tenaga yang ada sekarang masihlah sangat kurang dibandingkan kebutuhan riil yang harus dipenuhi. Kondisi itu sudah barang tentu sedikit berimbas pada kinerja pengawasan dan berpengaruh terhadap hasil kegiatan.
 Sementara guna maksimalisai kinerja tenaga pengawas yang ada, sesuai anjuran dari Wakil Bupati Tegal HM Hery Soelistiyawan SH MHum, DPU diminta untuk memaksimalkan kinerja tenaga pengawas yang ada. Disisi lain, DPU bakal diberi sejumlah tenaga PNS yang ada di instansi lain, untuk diperbantukan sebagai tenaga pengawas di DPU. “Sudah barang tentu PNS yang berbesik pendidikannya dari teknik,” pungkas Jefri Yusuf. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/DPU-Kekurangan-Tenaga-Pengawas.html

0 komentar:

Posting Komentar