Senin, 11 Juni 2012

Kontroversi Tweet Asus Yang Melecehkan Wanita

Perusahaan elektronik Asus menerima kecaman ribuan orang gara-gara sebuah tweet mereka yang dipandang melecehkan wanita.

Tweet itu, yang disertai foto seorang wanita sedang mendemonstrasikan produk Asus di Computex 2012, berbunyi “The rear looks pretty nice. So does the new Transformer AIO.” (“Bagian belakangnya terlihat indah. Sama seperti Transformer AIO yang baru.”)


Tweet itu kemudian dengan cepat dihapus — tapi gambarnya sudah terlanjur tersebar ke beberapa website. Asus pun meminta maaf atas tuduhan pelecehan wanita dan berjanji “hal serupa tidak akan terjadi lagi”.

Penggunaan perempuan dengan pakaian minim untuk mempromosikan produk adalah praktik biasa, ujar Susan Friedmann, seorang ahli pameran. Namun mempekerjakan "wanita cantik penjaga booth (SPG)," harus dilakukan dengan "sangat-sangat hati-hati," ujar Susan.

Ia memperingatkan seraya juga menambahkan bahwa "Anda juga harus memperhitungkan tempat Anda menyelenggarakan pameran. Apa yang terlarang di suatu tempat mungkin menjadi hal yang biasa di tempat yang lain."

Dan di Internet, dunia adalah pentas panggung Anda — dan dunia saat ini tidak suka dengan Asus. Di Mashable, berbagai respons di Twitter tentang foto tersebut menyiratkan beberapa kemarahan.

Sebagai contoh dari Leigh Honeywell: "Hei Asus, apakah Anda tidak mau menggaet perempuan menjadi konsumen? Tidak keren." Pwang menambahkan, "Wow, Asus dengan pedas menunjukkan bahwa teknologi merupakan hal yang tidak terjangkau oleh wanita."

Anil Dash menulis, "Teknologi yang sangat seksis"

Memang sangat seksis, bukan? Foto tersebut mengundang perhatian tentang penggunaan "wanita cantik penjaga stan" yang kontroversial dan isu yang lebih luas tentang seksisme di industri teknologi tinggi.

Molly McHugh, seorang penulis teknologi untuk Digital Trends, mengatakan pada BBC di konferensi CES 2012 di Las Vegas. Dia menyatakan bahwa adalah "aneh" mempekerjakan wanita di sebuah pameran. Ia menambahkan, "Melihat wanita dengan seragam mereka... itu jelas membingungkan, karena hal itu menyiratkan pesan tentang bagaimana wanita diperlakukan di tempat itu."

Konferensi E3, yang sedang berlangsung sekarang, bahkan mempunyai sebuah situs yang diperuntukkan untuk para wanita yang bekerja di pameran perdagangan.

Wendy Schuchart menulis di TechTarget tentang VMWorld 2011, yang juga digelar di Vegas. Dia menulis bahwa minoritas perempuan dalam teknologi profesional juga sangat memperhatikan para SPG. Dia menulis, "Dunia teknologi mengajarkan kita bahwa wanita hanya sebagai pemanis. Jangan bertanya pada mereka. Jangan menganggap mereka secara serius."
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/kontroversi-tweet-asus-yang-melecehkan-wanita.html

0 komentar:

Poskan Komentar