Jumat, 15 Juni 2012

Ratusan Lansia Senam Bersama

SLAWI – Ratusan lanjut usia (Lansia) se Kabupaten Tegal melakukan senam sehat bersama pegawai di lingkungan Pemkab Tegal, Jumat (15/6). Kegiatan senam lansia yang bertempat di halaman pendopo Pemkab Tegal tersebut dilakukan dalam rangka peringatan hari lanjut Usia Nasional (HLUN) XVI tingkat Kabupaten Tegal 2012.
Kabag Kesra Setda Kabupaten Tegal, Drs Berlian Adji mengatakan, kegiatan senam lansia dalam memperingati HLUN XVI sekaligus sebagai ajang sosialisasi terbentuknya Komisi Daerah (Komda) Lansia Kabupaten Tegal. Selain itu juga meningkatkan kesehatan kaum lansia di Kabupaten Tegal.  “Senam ini diikuti kepala SKPD beserta staf, camat se Kabupaten Tegal dan perkumpulan-perkumpulan lansia di Kabupaten Tegal,” katanya.
Selain itu, lanjut Berlian Adji, dalam peringatan HLUN ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis, baik untuk lansia maupun peserta senam yang lain.  “Setelah senam dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis,” tuturnya.
Dalam senam tersebut, terlihat ibu-ibu lansia merasa gembira, karena dapat melakukan senam bersama dengan para pejabat ataupun pegawai dilingkungan pemkab.
Sementara, Wakil Bupati Tegal, H. Moch. Hery Soelistiyawan SH Mhum, dalam memberikan sambutan pengarahan sebelum senam dimulai mengatakan, bahwa lansia tidak akan menjadi beban jika para lansia dapat hidup dengan sehat, mandiri dan memiliki sumber daya yang baik. Oleh karena, pemberdayaan terhadap orang lansia diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak terutama dari keluarga, masyarakat dan pemerintah.  “Kalau kita melihat dari data BPS, saat ini Indonesia merupakan negara terpadat keempat dunia, dan memiliki penduduk lansia terbesar ke 10, yang diperkirakan mencapai 28,8 juta jiwa atau 11 persen dari total penduduk Indonesia,” ungkapnya.
Dikatakannya, dengan prediksi tersebut, tentunya akan berimbas jumlah lansia di Kabupaten Tegal seiring dengan tingkat harapan hidup yang semakin bertambah.
Pihaknya berharap, semua pihak dapat memberikan dukungan, tempat dan perhatian yang baik pada para lansia, khususnya dalam hal kesehatan. Hal ini agar para lansia tidak mengalami penurunan fungsi dan daya tahan tubuh yang menyebabkan sakit-sakitan hingga terjadi kematian. Walaupun lansia sudah menjadi kewajaran dan penurunan fungsi tubuh menyertai usia yang semakin lanjut.  “Kami berharap lansia di Kabupaten Tegal diupayakan terus meningkat, seiring dengan membaiknya gizi dan kesehatan para lansia,” ujarnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Ratusan-Lansia-Senam-Bersama.html

0 komentar:

Poskan Komentar