Senin, 06 Februari 2012

BPBD Usulkan Tali Asih Korban Sigedong

PASCA musibah bencana angin puting beliung yang melanda warga Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa yang menggerus sedikitnya 29 rumah warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal langsung bereaksi dengan memberikan bantuan sembako siap saji kepada para korban. Sementara untuk pendirian dapur umum, masih sepenuhnya diback up PMI Kabupaten Tegal.
Kepala BPPD Kabupaten Tegal, Ir Erling Susiardi MSI, melalui Kasubid Kedaruratan, Kukuh Eko, menyatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Bakorwil untuk menambah pasokan pangan yang dibutuhkan korban. "Kami juga sedang mengusulkan tali asih ke Pemda untuk 6 rumah yang mengalami rusak berat. Saat ini tim yang kami bentuk sedang melakukan klasifikasi dilapangan. Pemberian tali asih ini sudah diatur dalam Perkab nomor II/tahun 2011 tentang peraturan tata cara pemberian bantuan bencana di Kabupaten Tegal," terangnya, Senin (6/2).
Dijelaskannya, besaran tali asih yang akan diberikan kepada korban yang tempat tinggalnya roboh sebesar Rp 5 juta, sementara untuk rusak berat sebesar Rp 4 juta, dan untuk rusak sedang dan ringan tidak mendapatkan bantuan.
"Bagi rumah yang mengalami rusak sedang dan ringan, sedang kami upayakan agar bisa mendapat bantuan dari BPBD provinsi dan Bakorwil III," cetusnya. Menurutnya, upaya pengajuan tali asih ke Pemda untuk korban puting beliung yang terpaksa kehilangan tempat tinggal tersebut, baru dalam tahap proses dan dipastikan akan memakan waktu yang cukup lama. Hal ini mengingat pihaknya masih harus menunggu hasil tim kaji yang turun kelapangan untuk memastikan layak tidaknya korban mendapat tali asih.
"Satu rumah roboh milik Sunarto yang berada di RT 04/RW 03. Sisanya 5 rumah mengalami rusak berat diantaranya milik Bukhori, H Abdulah, Marno, Yono, dan Saidin. Tim kaji akan melakukan identifikasi secepatnya sebagai bahan ajuan kami ke Pemda untuk mendapatkan kucuran dana tali asih," terangnya.
Hingga saat ini sejumlah warga terpaksa masih menempati rumah saudara dan warga lain. Bencana angin puting beliung yang menimpa warga pada Minggu (5/2) sekitar jam 17.00 WIB, selama lima menit itu, ditaksir membuat kerugian sekitar ratusan juta rupiah. Juga mengakibatkan luka ringan seorang warga. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/BPBD-Usulkan-Tali-Asih-Korban-Sigedong.html

0 komentar:

Posting Komentar