Jumat, 10 Februari 2012

Mulai Gagas Perpustakaan Digital

SLAWI – Sebagai orang yang baru ditunjuk sebaga pimpinan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah awal Februari lalu, Waudin Msi mencoba merencanakan perpustakaan digital. Hal ini untuk memudahkan masyarakat mengakses sumber informasi maupun bahan referensi, baik berupa buku maupun sumber pengetahuan lain.
“Ke depan, kami merencanakan untuk membuat perpustakaan digital untuk memudahkan masyarakat mengakses sumber informasi maupun bahan referensi, baik berupa buku maupun sumber pengetahuan yang lainnya,” kata Waudin, kemarin.
Dikatakannya, perpustakaan merupakan jendela dunia bagi masyarakat. Namun, keberadaannya kerap tidak mendapatkan perhatian. Selain itu, perpustakaan juga merupakan sarana penunjang dunia pendidikan sehingga keberadaannya menjadi kian penting. “Kami sudah melihat konsep perpustakaan digital tersebut yang ada di LIPI. Karena itu, kami merasa tertarik untuk bisa diterapkan di Kabupaten Tegal guna memajukan pengetahuan dan pendidikan masyarakat,” imbuhnya.
Dia menyebutkan, penggagasan perpustakaan digital juga sebagai sarana untuk memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak negatif dan positif. Karena itu, dengan adanya perpustakaan digital tersebut, diharapkan teknologi bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat. “Kami sudah mewacanakan dan mengusulkan rencana tersebut kepada pemkab. Kami berharap, pemkab bisa mengalokasikan anggaran untuk mewujudkan rencana tersebut,” ujanrya.
Dia menyebutkan, penggagasan perpustakaan digital juga sebagai sarana untuk memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak negatif dan positif. Karena itu, dengan adanya perpustakaan digital tersebut, diharapkan teknologi bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.
Ia menambahkan, hal lainnya yang menjadi perhatiannya adalah ketersediaan bahan bacaan untuk kalangan mahasiswa. Di mana, saat ini koleksi di perpustakaan tersebut lebih banyak disediakan untuk kalangan pelajar.  ”Kami juga akan lakukan pembenahan agar para mahasiswa juga bisa sering memanfaatkan perpustakaan daerah. Selain para pelajar, di Kabupaten Tegal juga banyak mahasiswa yang membutuhkan banyak sumber referensi,” paparnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Mulai-Gagas-Perpustakaan-Digital.html

0 komentar:

Posting Komentar