Minggu, 05 Februari 2012

Puting Beliung PMI Terjunkan Relawan

BUMIJAWA – PMI Kabupaten Tegal menerjunkan relawan dari berbagai tim untuk membantu bencana puting beliung yang terjadi di Dukuh Kalipedes RW 3 Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa, Sabtu (4/2) sore.
Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr H Bimo Bayuaji, mengatakan, setelah PMI mendapat laporan dari Tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Desa Sigedong, PMI  memerintahkan Sibat Desa sigedong untuk melakukan tindakan preventif untuk mengurangi resiko bencana.
Pagi harinya, Minggu (5/2), lanjut Bimo, PMI mengirimkan relawan tambahan yaitu Satgana (Satuan Penanganan Bencana) dengan jumlah 20 orang dan dibantu relawan Sibat Desa Bumijawa 9 orang. Sehingga, jumlah relawan yang diterjunkan untuk menangani bencana sebanyak 44 orang.
Selain dibantu tim Sibat dan Satgana, dibantu juga relawan SAR Daerah, Galas, Tagana, dan Muspika Kecamatan Bumijawa termasuk PMI kecamatan. Semuanya bahu-membahu membantu membersihkan puing-puing bekas kerusakan serta memperbaiki atap atau rumah warga yang rusak.
PMI disamping mengirimkan relawan, juga memberikan bantuan Terpolin atau kain terpal ukuran 4x6 meter sejumlah 5 lembar untuk dipasang sebagai pengganti atap rumah warga yang rusak atau hilang. Kemudian juga memberikan bantuan bahan makanan untuk semua orang yang terlibat dalam kerja bakti.
Informasi yang diperoleh Radar, puting beliung yang menerjang Desa Sigedong tersebut mengakibatkan puluhan rumah warga rusak parah. Yakni 1 rumah roboh, 5 rusak parah, dan 23 rusak ringan.
Menurut Saidin (41), salah satu korban yangg rumahnya rusak, pada pukul 17.00 WIB saat hujan gerimis yang disertai kabut tebal, dia melihat angin gumpalan hitam besar tiba-tiba datang dari ujung Utara langsung menyapu rumahnya. Sehingga tembok rumahnya jebol. Angin tersebut kemudian bergerak ke Selatan, hingga memporak-porandakan sejumlah atap rumah warga.
Disisi lain Sunarto (31), yang rumahnya berada di bawah tebing, mengatakan, dia dan keluarga yang terdiri dari istri dan 2 anak, berada di dalam rumah. Saat kejadian, dia merasakan rumahnya bergetar hingga roboh dan atapnya terbawa angin hitam sampai puluhan meter ke atas tebing. Beruntung, dia dan keluarganya selamat. Sedang malam harinya setelah kejadian itu, listrik di Desa Sigedong padam. Namun pada pukul 22.00 WIB, listrik dapat menyala lagi setelah diperbaiki pihak PLN. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Puting-Beliung-PMI-Terjunkan-Relawan.html

0 komentar:

Posting Komentar