Jumat, 04 Mei 2012

Lagu Tegalan Digandrungi Kembali

SLAWI – Lagu tegalan yang sudah muncul dari tahun 70-an dan pernah redup di masyarakat, sekarang sudah mulai di gandrungi kembali. Hal ini terlihat di beberapa masyarakat, sudah mulai mendengarkan lagu tegalan di rumahnya.  “Lagu tegalan ini enak di dengar ternyata, dan saya yakin masyarakat merasa nyaman bila mendengarkan lagu tegalan,” kata Daim, warga procot yang mengkoleksi beberapa lagu tegalan, saat di temui Radar, Jumat (4/5).
Menurutnya, lagu tegalan ternyata dari musiknya bervariasi, ada yang dangdut, pop dan campuran. Selain itu penyanyi lagu tegalan juga banyak, mulai dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua.
Salah satu pencipta Lagu Tegal, Imam Jund menjelaskan, lagu tegalan mulai ada sejak tahun 70-an, yang ditenarkan oleh seorang pencipta dan penyanyi yang bernama Najib warga Balapulang. Namun beberapa kali lagu tegalan hilang dari peredaran dan pernah muncul kembali dan tidak lama hilang kembali.  “Pencipta dan penyanyi lagu tegalan sempat terputus dari tahun ke tahun, dan sekarang sudah mulai ramai kembali, dan banyak orang yang mendengarkannya. Apalagi pada sat bupati Agus Riyanto selalu menyanyikan lagu tegalan,” kata Imam Jund yang tertarik lagu tegalan sejak masih duduk di bangku SD.
Imam jund yang dulunya sering menciptakan lagu-lagu dangdut dan banyak dinyanyikan oleh para penyanyi terkenal tersebut menjelaskan, bahwa dirinya menciptakan lagu tegalan salah satu indikasinya karena tanggung jawab moral sebagai orang tegal asli. Beberapa tema dan lirik yang dia ciptakan sangat komplek, mulai dari kehidupan sehari-hari, tentang makanan tegal, sosial, cinta dan lain sebagainya.  “Lagu tegalan sangat komunikatif bagi orang yang tahu bahasa tegal, apalagi orang asli tegal,” ujar Imam Jund yang sudah menciptakan lagu tegalan sampai delapan album dari tahun 2001.
Ia berharap, tentunya kedepan akan muncul generasi-generasi selanjutnya, yang dapat melestarikan lagu tegalan, dan bisa diterima kembali oleh masyarakat. Karenanya orang tegal tidak usah malu-malu kembali mendengarkan lagu tegalan.  “Tidak perlu malu mendenarkan lagu tegalan, karena dari dulu sudah banyak diterima oleh masyarakat secara umum,” ungkapnya.
Ia menambahkan, kalau mau dihitung, sampai sekarang lagu tegalan sudah terkumpul ratusan lagu tegalan. Karena, selain menciptakan lagu tegalan, dirinya juga mengoleksi lagu tegalan sudah mencapai 200 lebih lagu tegalan yang sudah beredar dan dinyanyikan oleh kalangan umum, baik dari orang tegal sendiri, maupun dinyanyikan oleh orang dari daerah lain. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Lagu-Tegalan-Digandrungi-Kembali.html

0 komentar:

Posting Komentar