Sabtu, 05 Mei 2012

Perayaan Waisak di Borobudur Dibuka untuk Umum

MAGELANG, suaramerdeka.com - Masyarakat dan pengunjung diperbolehkan untuk melihat dari dekat prosesi Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak di Candi Borobudur, Sabtu (5/5). Bukan hanya itu, selama perayaan Waisak, Candi Borobudur tetap terbuka untuk umum. Demikian dikatakan Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Purnomo Siswoprasetjo. "Tidak ada penutupan. Umat Budha tetap diberi tempat untuk ibadah, kemudian pengunjung dan masyarakat umum juga tetap bisa menikmati candi," kata dia, Sabtu (5/5).
Purnomo menambahkan, meskipun diperbolehkan masuk ke kawasan candi tersebut, pada saat digelarnya puja bakti oleh umat Budha di jam tertentu, pengunjung dan masyarakat umum akan dipindahkan ke titik tertentu. "Jadi, misalnya sisi barat dipakai untuk ibadah, maka pengunjungnya ditaruh di sisi timur candi supaya tidak mengganggu prosesi puja bakti," paparnya.
Purnomo menjelaskan, prosesi perayaan Waisak di Candi Borobudur sebenarnya telah berlangsung sejak Jumat (4/5). Sementara puncaknya akan digelar pada Minggu (6/5) besok. "Semuanya terbuka untuk umum," katanya.
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/05/05/117476/Perayaan-Waisak-di-Borobudur-Dibuka-untuk-Umum

0 komentar:

Poskan Komentar