Selasa, 01 Mei 2012

Lokon Meletus Surono Imbau Tunda Penerbangan

TEMPO.CO , Jakarta:Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, mengimbau otoritas penerbangan menunda penerbangan dari dan ke Bandara Sam Ratulangi di kota Manado, Sulawesi Utara. Keputusan ini diambil tak lama setelah Gunung Lokon meletus lagi.

"Untuk memberi pertimbangan keselamatan penerbangan dari dan ke bandara," kata Surono usai acara Paparan Riset Gempa dan Gunung Api di Indonesia di kantor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Selasa 1 Mei 2012. Saat itu dia langsung menghubungi Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan Kepala Lapangan Terbang Sam Ratulangi.

Gunung Lokon di Kota Tomohon meletus pada 11.55 WITA mengeluarkan abu vulkanik ke udara hingga ketinggian 2.500 meter. Beruntung debu vulkanik tersebut langsung disapu hujan dan tak berdampak banyak ke masyarakat. Letusan yang disertai bunyi dentuman keras sempat menggetarkan rumah hingga menyebabkan warga berhamburan ke luar rumah.

Surono mengatakan, pola letusan Lokon beberapa tahun terakhir memang sulit diprediksi. "Sebenarnya pendek, kadang 2 tahun, kadang 4 tahun," ujar dia. Karena itu, pemantauan secara intensif menjadi faktor penting.

Sebelum meletus hari ini, Lokon pernah meletus bulan Oktober 2011 dan Februari lalu. Bahkan letusan terakhir terjadi 24 April lalu. Ia memperingatkan supaya segala aktivitas warga dalam radius 2,5 kilometer dari gunung dihentikan.

Gunung Lokon termasuk gunung api kota karena berada di Kota Tomohon dan menjadi tempat kunjungan wisata. Dengan kondisi ini, aktivitas manusia di sekitar gunung ini cukup tinggi. "Jarak Lokon ke bandara (di Manado) hanya 30 kilometer," ujar Surono.

MAHARDIKA SATRIA HADI
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/lokon-meletus-surono-imbau-tunda-penerbangan-221906437--finance.html

0 komentar:

Poskan Komentar