Selasa, 19 Juni 2012

Kabupaten Tegal Rawan Bencana

SLAWI - Kabupaten Tegal yang memiliki wilayah pantai sampai pegunungan rawan terserang bencana alam. Bahkan sejumlah wilayah di daerah itu rawan dengan bencana tanah longsor, serangan angin puting beliung, banjir, kebakaran, gelombang pasang dan kekeringan. Bahkan setiap tahun bencana alam menyerang sejumlah wilayah di daerah itu, dengan kerugian warga capai ratusan juta hingga miliaran rupiah.  “Di tahun 2011 sekitar puluhan bencana alam menimpa sejumlah wilayah di Kabupaten Tegal. Sampai Mei 2012, tercatat sudah sekitar 12 bencana menimpa daerah ini,” kata Kabid Kedaruratan BPBD Pemkab Tegal, Kukuh Eko P, Selasa (19/6).
 Dikatakan Kukuh, pada tahun 2012 sekitar 12 bencana alam menimpa sejumlah wilayah daerah itu. Bentuknya variatif, mulai dari tanah longsor, serangan angin puting beliung, banjir dan kebakaran. Terbanyak adalah serangan angin puting beliung, mencapai sekitar tujuh kejadian.  “Sisanya bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran lahan dirumah warga,” ujarnya.
 Menurut dia, kerugian mencapai ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah yang diderita warga. Pihak BPBD Pemkab Tegal sendiri telah menyalurkan sejumlah bantuan, sesuai kriteria yang ada bagi korban bencana. Bahkan mengusulkan bantuan dari BPBD Provinsi Jateng dan juga bakoorwil III. Sebagian besar bantuan sudah disalurkan kepada yang berhak.
 Disisi lain, menurut Kabid Kesiapsiagaan BPBD Pemkab Tegal, Yudo Jatmiko, ada sejumlah wilayah yang rawan dengan bencana alam. Untuk tanah longsor ada pada empat kecamatan terawan, Kecamatan Bumijawa, Bojong, Jatinegara dan Balapulang atau wilayah atas Kabupaten Tegal. Sebagian lagi diempat kecamatan lain seperti Kecamatan Kedungbanteng, Lebaksiu, Pangkah dan Margasari.  Untuk wilayah rawan banjir yaitu Kecamatan Kramat, Suradadi, Warureja, Talang, Tarub dan Margasari. Wilayah rawan gelombang pasang, Kecamatan Kramat, Suradadi dan Warureja. Sedang rawan bencana kekeringan di wilayah, Kecamatan Warureja, Pagerbarang, Kedungbanteng, Margasari, Jatinegara, Balapulang dan Pangkah.
 Sementara, untuk wilayah rawan kebakaran di Kecamatan Balapulang, Bojong, Bumijawa, Jatinegara, Kedungbanteng, Lebaksiu, Margasari dan Warureja. “Untuk bencana angin puting beliung hampir semua wilayah di Kabupaten Tegal, rawan serangan bencana ini,” pungkas Yudo Jatmiko. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Kabupaten-Tegal-Rawan-Bencana.html

0 komentar:

Poskan Komentar