Selasa, 19 Juni 2012

Puncak Hari Lingkungan Hidup Tingkat Pemkab Tegal

Peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Tegal digelar bersamaan dengan upacara bulanan, Senin (18/6) kemarin. Dalam kesempatan ini, Sekda Pemkab Tegal, Drs Haron Bagas Prakoso mewakili Wakil Bupati Tegal, Haji Muhammad Hery Sulistiyawan SH Mhum memimpin jalannya upacara, sekaligus prosesi pemberian apresiasi pemkab terhadap pejuang lingkungan. Bagaimana pelaksanaannya?

LAPORAN : HERMAS PURWADI
DIMANA sebanyak 34 penerima penghargaan sebagai pejuang lingkungan diberikan langsung oleh sekda seusai upacara. Penghargaan itu diantaranya berupa Kalpataru tingkat Kabupaten Tegal yang diberikan kepada juara I Kelompok Tani Kalisusu sebagai kategori penyelamat lingkungan, juara II diberikan kepada Sohiburoji, penjaga pintu air bendung Danawarih dan juara III kepada Sunardi penyuluh kehutanan yang keduanya masuk dalam kategori pengabdi lingkungan.
Penghargaan juga diberikan kepada penggiat Adipura dalam pencapaian tahun ini. Penggiat yang memperoleh penghargaan tercatat RSUD Dr Soesilo, Puskesmas Slawi, UPTD Pengairan Slawi, Perum Permata Abadi, Griya Praja Mukti, UPTD Terminal Slawi, dan UPTD Pengolahan limbah pengelola TPA Penujah. Piala juga diberikan kepada pemenang lomba K3 tingkat Kabupaten Tegal tahun 2012 yang sempat digulirkan Badan Lingkungan Hidup sebagai imbangan giat penilaian Adipura yang baru saja dilakukan oleh Kementrian LH.
Dimana dari hasil akhir penilaian K3 tingkat Kabupaten Tegal tahun ini, untuk kategori desa atau kelurahan juara diraih Desa Dukuh Salam, Desa Slawi Kulon, dan Kelurahan Procot untuk posisi I hingga III. Sementara di tingkat titik pantau sekolah juara I hingga III diraih SMKN 1 Slawi, SMAN 2 Slawi dan SMAN 1 Slawi. Ditingkat SMP juara I hingga III diraih SMPN 1 Slawi, MTsN Slawi dan SMPN 2 Slawi. Dan di tingkat SD juara diraih SDN Kalisapu 03, SDN Trayeman 03, dan SDN Kudaile 03.
Untuk juara K3 tingkat kecamatan, juara tahun ini diraih Kecamatan Slawi, Kecamatan Tarub, dan Kecamatan Dukuhwaru. Sementara untuk tingkat perkantoran juara diraih PDAM, Setda Kabupaten Tegal, dan Disparbud. Dan untuk kategori jalan dan taman juara I diraih Tajoni mandor kebersihan Jalan Dr Soetomo, Sutarni mandor taman Jalan Wahid Hasyim, dan Mastyah penyapu Jalan Wahid Hasyim. Dalam kesempatan ini sekda membacakan amanat presiden pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012 yang jatuh pada 5 Juni 2012 lalu. Dimana hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati sebagai bentuk aspirasi negara atas Deklarasi Stockholm pada tangal 5 Juni 1972.   "Deklarasi itu telah diakui sebagai tonggak sejarah kesadaran masyarakat dunia, atas pentingnya penanganan dan pemeliharaan lingkungan hidup secara bersama," tegasnya.
Kepada para penerima penghargaan Kalpataru, pada kepala sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri, dan penerima Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) sekda mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerja keras, keteladanan, dan prestasi yang diraih pejuang lingkungan.  "Kalian telah berjasa besar dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, keindahan kota, dan kehijauan sekolah. Kami berharap kerja keras ini bisa terus dilanjutkan dalam kepeloporan dan keteladanan pada pemeliharaan kelestarian lingkungan di wilayah jantung Kota Slawi yang menjadi titik pantau Adipura dan semua wilayah yang ada di Kabupaten Tegal pada umumnya," tegasnya. (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Puncak-Hari-Lingkungan-Hidup-Tingkat-Pemkab-Tegal.html

0 komentar:

Poskan Komentar