Selasa, 19 Juni 2012

Dari Upaya Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

DI ERA REFORMASI sekarang ini, demokrasi makin mekar, kebebasan makin tumbuh, dan hak-hak azasi mendapat penghormatan yang tinggi. Namun semua itu menimbulkan masalah baru. Atas nama reformasi dan demokrasi seringkali sebagian masyarakat tidak lagi memaknai Pancasila, UUD 1945, wawasan kebangsaan dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara utuh.
Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan di daerah, agar kedepan perlu dibangun dan dikembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara harmonis dan seimbang, Kantor Kesbangpol dan Linmas Setda Pemkab Tegal mengadakan kegiatan ceramah peningkatan wawasan kebangsaan bagi aparatur dan pendidik tahun 2012.
Kegiatan yang dilakukan di Aula SMK N 1 Slawi tersebut, Selasa (19/6) para peserta yang berjumlah 45 orang, dari sekcam se Kabupaten Tegal dan guru SMAN/SMKN pengampu PKN, diberikan empat materi, yakni Aktualisasi Wawasan Kebangsaan Di Era globalisasi, yang disampaikan dari Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jateng, Drs Eko Prihadi. Kedua tentang Fungsi Pancasila dan UUD 1945 dalam menjaga keutuhan Bangsa dan NKRI yang disampaikan Dosen UPS, Drs Wahyono Mhum. Ketiga, materi Nasionalisme dan Pembangunan Karakter Bangsa di Era Globalisasi disampaikan dari Kodim 0712 Tegal, Kapten Inf Setiyono dan keempat materi tentang Reformasi berwawasan kebangsaan yang disampaikan Dr ST Sukirno MS dari UNTAG Semarang.
Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas, M Agus Sunarjo, yang pada saat itu menjadi moderator dalam diksusi, sebelumnya menuturkan, bahwa kegiatan ini dimaksud untuk memberikan gambaran dan pengertian secara jelas kepada sekcam dan tenaga pendidik pengampu mapel PKN tentang wawasan kebangsaan dan memasyarakatkan 4 pilar kebangsaan kepada masyarakat dan siswa SLTA.  “Ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman wawasan kebangsaan kepada peserta serta memberikan dorongan motivasi untuk menciptakan dinamika pembangunan, sesuai dengan karakter kebangsaan, jati diri dan kepribadian masyarakat Indonesia,” tuturnya.
Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Tegal, Haron Bagas Prakoso SH Mhum, yang sekaligus membuka kegiatan. Dalam sambutannya, dia menyambut baik upaya meningkatkan wawasan kebangsaan tersebut. Kedepan pihaknya berharap hal seperi ini tidak hanya di lakukan oleh sekcam dan tenaga pendidik di SLTA, tetapi aparatur desa serta tenaga pendidik lainnya juga harus diberikan peningkatan pengetahuan ini.
Hal ini dimaksudkan, agar nilai-nilai kebangsaan tersebut dapat menjadi landasan dalam pengendali bertindak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Selain apartur desa, di sekolah-sekolah sebelum masuk juga harus diberikan pemahaman tentang wawasan kebangsan ini,” ungkapnya.
Kegiatan ini, lanjut Bagas, merupakan upaya preventif untuk menanamkan rasa nasionalisme dan menumbuhkan kembali semangat patriotisme kepada masyarakat luas. Ia berharap kepada seluruh masyarakat terutama para peserta, untuk dapat berfikir secara holistik dengan logika sebab akibat.  “Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan
sebagai wahana pembinaan mental spritual bagi masyarakat. Sehingga mereka benar-benar memiliki akhlaq yang teruji, berbudi luhur, berwawasan kebangsaan yang luas serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap integritas bangsa dan negara,” tuturnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Dari-Upaya-Meningkatkan-Wawasan-Kebangsaan.html

0 komentar:

Poskan Komentar