Senin, 30 Juli 2012

Hari Pertama UKG Gagal

HARI pertama pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) bagi guru yang sudah bersertifikasi, Senin (30/7) kemarin, gagal dilaksanakan. Pasalnya, UKG yang menggunakan sistem online itu, mengalami kendala pada sambungan (koneksi) internet. Hal ini menjadikan peserta UKG harus menunggu beberapa saat. Hingga akhirnya, peserta diperbolehkan pulang serta menunggu informasi berikutnya.
Salah satu peserta UKG, Komarudin, yang merupakan peserta UKG yang ditempatkan di SMK YPE Nusantara Slawi, mengatakan, setelah dirinya masuk ke ruang ujian dan akan mengerjakan ujian dengan sitem online tersebut, jaringan internet tidak dapat diakses atau tidak loading (tidak berproses). Karena masalah tersebut, pihaknya hanya sebatas menunggu sampai waktu yang ditentukan.
“Ketika layar dibuka dan kami memasukkan nomor peserta, NUPTK, dan tinggal menekan tombol login, namun tidak bisa berproses atau tidak conect,” katanya.
Terlihat, para peserta menunggu dan duduk-duduk di ruang maupun di depan ruang ujian. Peserta merasa kebingungan, karena sampai siang belum ada keputusan tentang pelaksanaan ujian tersebut. Hingga akhirnya, seluruh peserta pun dipulangkan.
“Ya, pada mulanya kami hanya duduk sambil menunggu kabar dari pelaksana. Namun akhirnya kami dipulangkan. Kami juga tidak tahu, kapan kami akan melakukan ujian kompetensi guru lagi. Karena besok yang mengikuti UKG adalah peserta berikutnya. Sementara kami tidak tahu kapan jadwal ujian kami,” ungkapnya.
Dari semua peserta yang ditempatkan di beberapa sekolah di Kabupaten Tegal, ternyata mengalami kendala yang sama.
Sementara, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Drs Edi Pramono, saat dihubungi menjelaskan, bahwa terkait adanya kendala koneksi internet, pihaknya sudah menghubungi langsung ke pihak LPMP melalui pelaksana teknis tendik. Namun, sepertinya LPMP kesulitan karena padatnya arus yang menggunakan.
“Kita tidak bisa berbuat banyak, karena kami hanya sebatas menfasilitasi tempat tes dan penyediaan pengawas, serta membantu memperlancar pelaksanaannya,” ungkap dia. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Hari-Pertama-UKG-Gagal.html

0 komentar:

Poskan Komentar