Senin, 30 Juli 2012

Penuhi Stok Donor Darah Digelar

ADIWERNA - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1433 H, Bank Sinarmas KCP Adiwerna Tegal bersama Yayasan Karunia Dharma Adiwerna menggelar bakti sosial dengan kegiatan donor darah.
Kegiatan yang dipusatkan di Klenteng Ban Eng Bio Adiwerna, Sabtu (28/7) diikuti puluhan peserta baik dari masyarakat maupun dari unsur TNI, yakni dari Kodim 0712/Tegal dan Brigif IV/Dewa Ratna.
Dalam kesempatan tersebut hadir Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol (Inf) Jepson Marisano Simanjuntak SIP bersama istri, kehadirannya tidak sebatas memantau tetapi juga untuk mendonorkan darahnya.
Pimpinan Bank Sinarmas KCP Adiwerna Tegal, Yani Candra, yang juga penyelengara kegiatan menjelaskan, diadakanya acara donor darah ini untuk menanamkan kepedulian sosial bagi sesama Disamping itu, juga untuk mencukupi pemenuhan darah di PMI yang pada bulan Ramadan ini stoknya menipis.
"Dengan adanya aksi donor darah semacam ini mudah-mudahan dapat menambah stok darah yang ada di PMI, sehingga masyarakat yang membutuhkan darah dapat tercukupi," jelasnya.
Lebih lanjut dijelaskan, dalam kegiatan donor darah ini pihaknya menggandeng Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tegal sebagai pelaksana teknis dan didukung Yayasan Karunia Dharma serta beberapa sponsor.
"Selain menggandeng dari PMI, kami juga disupport beberapa sponsor untuk mendukung kelancaran kegiatan donor darah tersebut. Salah satu bentuk dukungannya adalah bagi para pendonor akan mendapatkan souvenir," terangnya.
Salah satu pendonor darah dari masyarakat Adiwerna, Hans, menuturkan, dirinya telah mendonorkan darahnya yang kelima kali ini dan ingin menjadi pendonor tetap dan ingin menyumbangkan darahnya rutin setiap tiga bulan sekali. "Dengan mendonorkan darah secara rutin badan saya merasa sehat dan enteng."tuturnya.
Sementara itu, Direktur Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tegal, dr Hj Sumaryati Bimo, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yang menggelar bakti sosial dengan kegiatan Donor Darah. Karena kegiatan semacam ini dapat membantu pemenuhan darah di PMI. Apalagi saat ramadha tiba, stok darah menipis.
"Kami mengajak kepada masyarakat luas untuk mendonorkan darahnya, sehingga masyarakat yang membutuhkan darah dapat tercukupi," ungkapnya.
Dia menambahkan, saat ini PMI Kabupaten Tegal sudah memiliki alat pemisah komponen darah, namanya Refrigerated Centrifuge. Sehingga bagi masyarakat yang membutuhkan komponen darah, misalnya hanya membutuhkan trombositnya saja, dapat dilayani di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tegal, tidak harus ke luar kota lagi seperti ke Cirebon. "PMI sudah memiliki alat pemisah komponen darah,” ujarnya.
Kegiatan bakti sosial dengan tajuk Donor Darah yang digelar selama satu hari oleh Bank Sinarmas KCP Adiwerna Tegal bersama Yayasan Karunia Dharma adiwerna, berhasil memperoleh 55 kantong darah.
Ditempat terpisah dan hari selanjutnya, Minggu (29/7) kemarin, digelar pula kegiatan donor darah yang bertempat di gereja Maria Immaculata Slawi. Pada kesempatan tersebut, berhasil diperoleh 21 kantong darah. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Penuhi-Stok-Donor-Darah-Digelar.html

0 komentar:

Poskan Komentar