Minggu, 29 Juli 2012

Waspadai Kemacetan di Pasar Suradadi

SLAWI- Polda Jateng memetakan 16 titik jalan sebagai daerah rawan macet di jalur mudik pantura. Salah satunya yaitu di kawasan Pasar Suradadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.
Selain karena aktivitas pasar yang meningkat mendekati Lebaran, kemacetan juga terjadi karena di sana terdapat persimpangan jalan (pertigaan) yang menghubungkan dengan akses permukiman penduduk.
Fadilah, salah satu warga setempat, menuturkan, kemacetan di depan pasar yang berada di jalur pantura tersebut hampir setiap tahun terjadi. Keberadaan jembatan penyeberangan untuk pejalan kaki, dinilai belum mampu untuk mengatasi kemacetan.
”Kemacetan terjadi di antaranya karena kesemrawutan pengendara dari pertigaan. Warga mengusulkan agar di pertigaan di depan pasar tersebut diberi lampu pengatur lalu lintas,” ungkapnya.
Adapun untuk menghadapi arus mudik Lebaran nanti, di sana juga akan dibangun Pos Pengamanan. Pos tersebut membawahi Sub Pos Pam Purwahamba Indah, dan Sub Pos Pam Desa Sidaharja.
Koordinasi
Berkaitan dengan itu, Kapolres Tegal AKBP Nelson Pardamean Purba melalui Kapolsek Suradadi AKP Sehroni, mengimbau kepada masya­rakat setempat agar tertib berlalu lintas. Dia juga meminta masyarakat agar memanfaatkan jembatan penyeberangan yang berada di depan pasar.
”Terkait langkah-langkah itu, kami juga akan koordinasikan dengan tokoh masyarakat dan instansi-instansi yang ada,” jelasnya, kemarin.
Sebelumnya, Tim Gallawi Rescue dan Kantor Kesbangpolinmas juga akan menempatkan personelnya di kawasan pantura yang merupakan titik rawan macet dan kecelakaan.
Kepala Kantor Kesbangpolinmas, HM Agus Sunarjo BA menjelaskan, meski tidak punya satuan khusus pengendalian masyarakat (satlinmas), pihaknya akan mengerahkan petugas Linmas desa untuk membantu pengamanan arus mudik.
”Melalui pemerintah kecamatan, petugas Linmas desa akan kami perbantukan di pos pengamanan Lebaran,” jelasnya. (K22-74)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/29/194300/Waspadai-Kemacetan-di-Pasar-Suradadi

0 komentar:

Poskan Komentar