Senin, 30 Juli 2012

Ribuan E KTP Menumpuk di Kecamatan

SLAWI- Warga Kabupaten Tegal harus bersabar untuk segera memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (E-KTP). Pasalnya, petugas di kecamatan belum bisa membagikan kartu yang sudah jadi karena anggaran operasional belum cair. Hingga kini, kartu tanda penduduk elektronik itu pun masih menumpuk di kantor kecamatan.
Kabid Pengelolaan Data Disdukcapil, Saeful Mizan mengatakan,’’Rata-rata ada sekitar 1.500-2.000 kartu yang sudah jadi berada di masing-masing kecamatan.’’
Ia mengakui, kartu tersebut belum dibagikan ke warga. ‘’Ya, karena belum ada anggaran. Jadi kartu E-KTP belum bisa dibagikan ke warga,’’ katanya, kemarin.
Menurut dia, pembagian kartu menunggu dana operasional dari APBD-Perubahan cair. Anggaran yang dibutuhkan untuk pembagian sekitar Rp 500 juta. Diperkirakan, kartu E-KTP baru bisa dibagikan ke warga sekitar Oktober.
Tak Menangani
‘’Ya, sekalian menunggu pengiriman kartu yang sudah jadi dari Jakarta secara keseluruhan. Pembagian E-KTP itu juga sama prosesnya seperti pembuatan. Ada proses yang cukup ketat, seperti pemeriksaan sidik jari dan lain sebagainya. Karena itu, dana operasional besarnya juga sama dengan pelaksanaan pembuatannya,’’ jelas dia.
Selain pembagian yang belum bisa direalisasikan, lanjut Saeful, sejumlah kecamatan kini tak lagi menangani pembuatan E-KTP. ‘’Beberapa kecamatan masih ada. Rata-rata karena sudah tidak ada dana operasional, maka kecamatan sudah tidak melayani pembuatan E-KTP.’’
Dia menegaskan, bagi warga yang ingin membuat E-KTP bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil. Kebijakan ini juga sudah disampaikan ke tingkat desa. Meski demikian, ia optimistis antara Agustus-September, pembuatan E-KTP sudah mencapai 100 persen.
Sejumlah warga, kemarin juga sudah mulai datang ke Disdukcapil untuk membuat KTP. Rata-rata tiap hari ada lima orang. Seperti yang dilakukan Warningsih, warga Desa Bulakpacing, Kecamatan Dukuhwaru. Ia terpaksa datang ke Disdukcapil karena disuruh oleh perangkat desa. ‘’Ya, lebih cepat, nggak usah ngantre. Selain itu, juga tidak dipungut biaya,’’ kata warga yang baru saja datang dari Jakarta itu. (G12-49)  
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/31/194437/Ribuan-E-KTP-Menumpuk-di-Kecamatan

0 komentar:

Poskan Komentar