Jumat, 03 Agustus 2012

Bentuk Karakter Melalui Zakat.

LEBAKSIU – Salah satu yang dilakukan di MTsN Model Babakan Kecamatan Lebaksiu dalam rangka membentuk karakter siswanya yakni dengan cara melakukan kegiatan media pengumpulan zakat.
    Kepala MTs N Model Babakan, Drs H Wahidin, mengatakan, madrasah adalah tempat yang sangat strategis bahkan yang utama setelah keluarga untuk membentuk akhlak dan karakter siswa. Bahkan, seharusnya setiap madrasah menjadikan kualitas akhlak atau karakter sebagai salah satu “Quality Inssurance” (Jaminan Kualitas) yang harus dimiliki oleh setiap lulusan madrasahnya.
    “MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu yang saat ini peserta didiknya mencapai 1.200 lebih, mempunyai komitmen kuat dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pengumpulan zakat di madrasah. Ini seiring dengan kian pesatnya perkembangan teknologi tanpa batas,” kata Drs H Wahidin, didampingi Ketua Panitia Zakat Fitrah dan Pesantren Kilat, Imam Sofan SAg, pada saat kegiatan pesantren kilat di sekolahnya, kemarin.
    Drs H Wahidin mengatakan, tentunya semua berharap agar siswa-siswi yang dididik di madrasah ini menjadi hamba Allah yang beriman, sebagaimana pemerintah mencanangkan pendidikan nasional yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
    Sementara itu Imam Sofan SAg, menambahkan bahwa pengumpulan zakat fitrah siswa ini merupakan bagian terintegrasi dari kegiatan pesantren kilat pada bulan Ramadan 1433 H. Panitia berhasil mengumpulkan lebih dari 2 ton beras yang dibagikan kepada para mustahiq (yang berhak), diantaranya keluarga fakir miskin khususnya dari kalangan siswa tidak mampu, dan masyarakat fakir miskin di desa sekitar madrasah.
    “Tujuan utama dari kegiatan pesantren kilat ini, diharapkan pasca Ramadan, siswa benar-benar telah siap dan terlatih lahir batin sehingga nantinya mendapatkan prestasi yang lebih baik,” ungkapnya.
    Dalam kegiatan pesantren kilat tersebut juga digelar kegiatan martikulasi BTQ bagi siswa kelas VII, praktik Wudhu dan Sholat, hafalan do’a-doa, wiridan, tahlil, dan pengajian kitab kuning sorogan yang digelar khusus untuk kelas IX dibawah asuhan Kyai Kasturi SAg dan KH Drs Ahmadun MSi. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Bentuk-Karakter-Melalui-Zakat.html

0 komentar:

Poskan Komentar