Jumat, 18 November 2011

Raskin ke 13 Belum Disalurkan

KRAMAT - Beras untuk masyarakat tidak mampu (Raskin), sangat ditunggu oleh warga yang membutuhkan. Termasuk raskin ke-13 yang biasanya disalurkan setiap awal November. Namun sayangnya, raskin tersebut hingga kini belum juga turun.
Menurut Kepala Gudang Bulog Sub Drive Pekalongan 601 Larangan Kramat, Suprapto, penyaluran raskin ke-13 menunggu keputusan dari pusat. Sejauh ini, Bulog dan Pemkab sudah siap untuk menyalurkannya. "Untuk penyaluran raskin ke-13, kami sudah siap kapan saja. Prinsipnya, ada surat resmi dari pusat," terangnya, kemarin.
Dia menjelaskan, untuk alokasi raskin bulan Desember 2011, pihaknya sudah menyalurkan beberapa waktu lalu. Penyaluran tersebut, diutamakan bagi desa yang sudah lunas Harga Pembelian Beras (HPB) nya. Apabila ada desa yang belum terkirim, berarti belum melunasinya. Karena itu, pihaknya meminta kepada koordinator lapangan raskin di setiap kecamatan, untuk mempertegas kepada desa yang belum lunas. Sehingga, raskin yang sudah ditunggu oleh warga yang membutuhkan, cepat terdistribusi. "Kasihan warga yang sudah menunggu kedatangan raskin," kata Suprapto.
Sebelumnya, dia pernah mengatakan, ada empat kecamatan yang selalu menjadi langganan keterlambatan pelunasan raskin. Antara lain, Kecamatan Kramat, Margasari, Warureja, dan Suradadi. Dari empat wilayah tersebut, Kecamatan Warureja yang paling parah. Menurut dia, dari 12 desa yang berada di wilayah Warureja, baru 4 desa yang sudah lunas. Sedangkan kecamatan lainnya, paling banyak 2 - 3 desa yang belum lunas. "Alokasi Desember, mulai disalurkan sejak 3 November silam," tambahnya.
Dia juga mengatakan, sekarang ini ada dua gudang Bulog yang mendistribusikan raskin. Untuk wilayahnya, mencakup 14 kecamatan. Sedangkan Bulog Procot, dialokasikan menyalurkan raskin untuk desa-desa di 4 kecamatan. "Bulog Procot menyalurkan ke Kecamatan Balapulang, Lebaksiu, Pagerbarang, dan Margasari," pungkasnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar