Selasa, 31 Januari 2012

Waspada Ancaman Banjir

MENGHADAPI cuaca tidak bersahabat seperti yang terjadi sekarang ini, petani di sekitar pantura patut waspada dengan ancaman banjir. Khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Warureja, Kramat, Suradadi, dan Tarub. Pasalnya, wilayah tersebut sangat rentan dengan bencana banjir karena kondisi tanahnya sangat rendah dan berdekatan dengan pantai.
Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo, mengatakan demikian kepada sejumlah wartawan, kemarin.
Dia menyebutkan, intensitas hujan di bulan Januari dan Februari sangat tinggi. Karenanya, petani harus selalu waspada dan selalu membersihkan saluran pembuang air yang melintas di sekitar lahan tanaman. Tujuannya, agar air tidak tergenang, dan dapat mengalir dengan lancar. "Selain di wilayah empat kecamatan itu, daerah Margasari juga rawan bencana banjir. Untuk itu, masyarakat sekitar patut berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan lingkungan," himbaunya.
Musim tanam tahun ini, diharapkan untuk wilayah pertaniannya tidak mengalami gagal panen karena banjir. Sebab, terjadinya gagal panen akan berpengaruh sangat besar sekali. Terutama, berdampak pada harga di pasaran karena pasokan beras berkurang. Untuk itu, pihaknya mewanti-wanti agar kondisi demikian jangan sampai terjadi. Petani dan masyarakat sekitar, harus saling berkerja sama guna mengantisipasi bencana banjir di wilayahnya masing-masing.
"Kabupaten Tegal, merupakan salah satu lumbung padi di Jawa Tengah. Untuk itu, pasokan beras jangan sampai berkurang hanya karena cuaca alam yang terjadi saat ini," ujarnya.
Prakiraan cuaca di pantura, pada umumnya berawan dan berpotensi hujan dengan volume yang tinggi. Belum lagi, angin bertiup sangat kencang pada sore dan malam hari yang melebihi dari kecepatan normal. Kecepatan angin belakangan ini, berkisar antara 5 sampai 30 kilometer per jam. "Meskipun kondisi cuaca di pantura masih aman, namun sebaiknya masyarakat berjaga-jaga sebelum sesuatu hal yang tidak diinginkan, terjadi. Sebab, cuaca dapat berubah sewaktu-waktu tanpa kita sadari," pungkasnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Waspada-Ancaman-Banjir.html

0 komentar:

Posting Komentar