Kamis, 26 April 2012

Kembangkan Bakat Tari

KEBIASAAN Sarip SPd yang kini menjabat sebagai Kepala SDN Lebeteng 02 Tarub, berbeda dengan orang yang sejajar dengannya.
Pria asal Kota Tegal ini, memiliki bakat menari sejak menuntut ilmu di bangku Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Tak heran, seluruh anak didiknya pun banyak yang pandai menari. Bahkan belakangan ini, anak didiknya kerap meraih prestasi di bidang tersebut.
"Awalnya saya hanya iseng saja ketika di SPG. Tapi lambat laun, saya justru menguasai kesenian tersebut," kata bapak dari tiga anak ini, saat dihubungi dikantornya, Rabu (25/4).
Seni tari yang dikuasai ketika duduk di SPG, Sarip mengaku, jenis tari Rantoyo putra. Kemudian setelah lulus dan menjadi guru, jenis tari itu dikembangkan olehnya melalui paguyuban seni di kecamatan. Bahkan kala itu, dia sempat menjadi duta dari kecamatan untuk dikirimkan ke kabupaten. "Waktu baru pertama kali saya menjadi guru, saya sering menjadi duta kecamatan," kata sarjana pendidikan ini.
Pria yang lulus SPG tahun 1984 ini tak menampik, jenis tari yang dikuasainya adalah tari Jawa dan tari kuda-kuda. Selain gemar menari, Ketua Ranting NU Kelurahan Kraton Kota Tegal ini juga pandai dalam seni tarik suara. Dia menguasai lagu daerah dan lagu dangdut. "Tapi saya lebih fokus dan suka lagu syair Islami ketimbang lagu dangdut," cetusnya.
Kendati Sarip menjabat sebagai kepala SD, namun dirinya tak segan-segan memberikan ilmu seni tari terhadap anak-anak didiknya. Bahkan, dia selalu memberikan ilmu tersebut setiap satu minggu sekali. Peserta yang dididiknya, merupakan siswa kelas 3, 4, dan 5. "Ini sebagai pelajaran tambahan saja. Utamanya bagi siswa yang meminati seni tari dan tarik suara," tukasnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Kembangkan-Bakat-Tari.html

0 komentar:

Poskan Komentar