Rabu, 25 April 2012

Peringatan Hari Kartini Kesatuan Gerak PKK dan BBGRM

Peringatan Hari Kartini ke-133 yang digelar bersamaan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-40 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-9 tingkat Kabupaten Tegal tahun 2012, berlangsung meriah. Seperti apa?

LAPORAN : FATKHUROHMAN
PERINGATAN Hari Kartini, Kesatuan Gerak PKK, dan BBGRM dipusatkan di Pendopo Ki Gede Sebayu Kabupaten Tegal, Rabu (25/4) kemarin. Acara ditandai dengan upacara yang dihadiri ratusan kaum perempuan dari berbagai organisasi wanita. Mereka menggunakan pakaian kebaya seperti halnya RA Karini. Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Tegal H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum, dengan pemimpin Upacara Dra Nurhayati MM.
Ketua panitia Ny Hj Suti Haron Bagas Prakosa, menjelaskan bahwa acara peringatan Kartini hari ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghargai jasa RA Kartini yang telah mempelopori pergerakan kaum wanita dalam merintis jalan menuju ke arah emansipasi wanita. Selain itu peringatan tersebut juga dalam rangka ikut serta mendukung kebijakan pemerintah dalam memberdayakan keluarga agar lebih sejahtera.
Dia juga melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini seperti lomba voli, lomba paduan suara, dan lomba senam.
Sementara itu, Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum, dalam sambutannya mengatakan, tampilnya wanita Indonesia yang menjadi tokoh-tokoh penting dalam berbagai bidang kehidupan merupakan bukti otentik emansipasi wanita Indonesia dari waktu ke waktu menuju puncak harkat dan martabat sosialnya, termasuk dalam pergaulan di era global.
Dalam kondisi puncak emansipasi wanita Indonesia saat ini, justru peringatan Hari Kartini perlu menjadi tonggak refleksi dan introspeksi serta diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi wanita Indonesia masa kini dan masa mendatang.
“Saya merasa bangga, karena kaum wanita telah mengalami kemajuan-kemajuan di berbagai bidang dan telah mampu menunjukkan eksistensinya secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujarnya.
Berkenaan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK, lanjut Hery, bahwa dalam mempercepat pencapaian tingkat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tegal, sangat dibutuhkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat termasuk Tim Pengerak PKK. Untuk itu, kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ini diharapkan dapat lebih memacu dan memotivasi semangat serta meningkatkan peran aktif gerakan PKK maupun seluruh kadernya dalam berkiprah mengisi pembangunan di segala bidang. Terutama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan semangat kesejajaran, kesetaraan, visi, dan misi serta keterpaduan arah serta azas kemitraan yang dinamis dengan berbagai pihak.
Selanjutnya dalam membangun Kabupaten Tegal, setidaknya ada 4 langkah yang ditempuh Pemkab Tegal yaitu melalui gotong royong, melalui dana APBD, melalui bantuan kepada pemerintah yang lebih tinggi. Dan yang terakhir, adalah tawakal dan berserah diri kepada Allah SWT.
    Puncak acara diisi dengan pementasan Tari Endel, Tari Sayuk, dan penyerahan hadiah lomba dalam rangka Hari Kartini, Hari Kesatuan Gerak PKK, dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tahun 2012. (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Peringatan-Hari-Kartini-Kesatuan-Gerak-PKK-dan-BBGRM.html

0 komentar:

Poskan Komentar