Rabu, 25 April 2012

Seniman Siap Meriahkan Moci Bareng

SEJUMLAH seniman lagu Tegalan sisp memeriahkan acara moci bareng, yang diselenggarakan oleh grup facebooker Sisi Lain Kabupaten Tegal (SLKT). Kegiatan moci bareng yang rencananya akan diikuti 6.000 orang itu, digelar dalam rangka hari jadi Kabupaten Tegal ke-411. Rencananya, moci bareng akan digelar Sabtu (12/5) nanti.
Sembari menunggu kegiatan moci bareng, para seniman lagu Tegalan terus berlatih dan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat. Latihan itu digelar secara berkeliling setiap satu minggu sekali, di beberapa tempat.
Salah satu panitia, Imam Jund, yang juga seniman lagu Tegalan, saat latihan di halaman Rumah Dinas Ketua DPRD, Sabtu (21/4) malam, mengatakan, bahwa kegiatan menyanyi lagu Tegalan di halaman rumdin Ketua DPRD tersebut merupakan salah satu upayanya untuk melestarikan dan mensosialisaiakan lagu Tegalan kepada masyarakat. Selain itu juga dalam rangka latihan persiapan menyongsong kegiatan moci bareng demi memecahkan rekor MURI.
“Kegiatan nyanyi lagu Tegalan bareng ini diadakan secara rutin yang dilakukan berpindah-pindah. Ini juga sebagai persiapan untuk memeriahkan acara moci bareng 6.000 orang dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Tegal yang diprakarsai oleh para facebooker anggota SLKT,” katanya.
Dia menjelaskan, penyanyi Tegal yang memiliki lagu Tegalan itu jumlahnya cukup banyak. Namun pada kegiatan moci bareng nanti, rencananya akan dimeriahkan beberapa penyanyi dan lagu-lagu Tegalan dengan tema yang membawa nama Tegal seperti lagu yang berjudul Teh Poci 2 dan Man Draup yang dinyanyikan oleh Anjeeb B, lagu Wong Tegal dan Teh Poci 1 dinyanyikan oleh Agus Jembrong, lagu Warso, Kaligung, Puwahamba, dan Kasri yang dinyanyikan oleh Imam Jund, lagu Guci yang dinyanyikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rojikin AH, Kapolres Tegal AKBP Nelson Pardamaian Purba dengan lagu yang berjudul Galawi, Teguh Herdi dengan lagu Damar Kanginan, Fatur membawakan lagu yang berjudul AAS, Ophie dengan judul Balikan, Marindu dengan judul Poma Rongpoma dan Rasijo dengan lagu Enggane.
Dalam kegiatan moci tersebut, lanjut Imam Jund, juga akan diramaikan oleh kesenian tradisonal yang ada di Kabupaten Tegal seperti tari topeng, balo-balo, kentrung, dan kesenian tradional yang lain.
Dia menambahkan, moci bareng rekor MURI nanti, juga akan dilakukan oleh pembuatan martabak manis terbesar dan poci terbesar. “Semoga acara nanti berjalan dengan lancar dan lagu Tegalan dapat membumi,” ungkapnya.
Sementara, pada saat latihan pula, Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Rojikin AH SH, yang juga merupakan penyanyi lagu Tegalan, menuturkan bahwa dirinya sangat mendukung dimunculkannya lagu Tegalan pada hari jadi Kabupaten Tegal nanti. Karena ini merupakan salah satu simbol pelestarian agar lagu Tegalan dapat lebih menggema dan masyarakat Tegal sendiri juga bisa mencintai lagu Tegalan itu. “Lagu Tegalan ini sebenarnya sudah pernah tenar sebelum lagu Cirebon, namun kurang pelestarian. Makanya kami sangat mendukung ini semua,” katanya.
Agar lebih dapat bisa diterima oleh masyarakat luas, pihaknya berharap agar radio-radio yang ada di Kabupaten Tegal dapat memutarkan lagu-lagu Tegalan. Selain itu para penyanyi dan seniman lainya, dapat membawakan lagu Tegalan pada acara-acara tertentu seperti hajatan dan lainnya. “Sebenarnya lagu Tegalan sangat enak didengar. Jika ini didengar oleh masyarakat, saya yakin bisa diterima. Karena rata-rata syairnya komunikatif,” ungkapnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Seniman-Siap-Meriahkan-Moci-Bareng.html

0 komentar:

Poskan Komentar