Minggu, 28 Agustus 2011

Buah Sayur dan Air Putih

SIAPA yang tak ingin menikmati hidangan serba-lezat pada saat lebaran? Mengingat ini adalah kesempatan yang hanya datang setahun sekali, semua yang tersedia di meja makan rasanya ingin dicicipi dan dimakan. Karena  sebagian orang berpikir, ’toh hanya pada saat lebaran saja, jadi tidak perlu kuatir’.
Kalau memang hanya pada saat lebaran, memang tak masalah. Yang menjadi masalah tentu jika pola makan seperti ini keterusan. Tk hanya penyakit seperti maag atau diare yang menghampiri Anda, tapi juga diabetes, hipertensi, asam urat serta kolesterol. Padahal, kunci untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pola makan, dan gaya hidup.
Seperti yang dilakukan beberapa selebriti kita. Tak hanya mereka yang sudah berumur saja yang punya kesadaran untuk menjaga pola makan atau menerapkan gaya hidup sehat. Para selebriti yang masih muda pun, sudah berlomba-lomba untuk menjalankan gaya hidup sehat. Seperti yang dilakukan Agni Pratisha. Puteri Indonesia 2006 ini gemar berolahraga untuk menjaga kesehatannya. Selain rutin pergi ke gym, ia rutin lari pagi, yang hampir dilakukannya setiap hari. Dan sebulan belakangan, ia juga menekuni pilates. “Kalau latihan pilates ini, untuk persiapan lomba maraton yang akan aku ikuti, biar otot perut dan pahaku kuat,” katanya.
Marsha Timothy, aktris yang membintangi film “Pintu Terlarang” ini rutin berolahraga sekaligus menjaga asupan makan, untuk menjaga kebugaran dan berat badan ideal. Ia rutin lari pagi dan melakukan treadmill di rumah, dengan alasan agar tak gampang sakit. Untuk asupan makan, ia tak pernah meninggalkan sayur dan buah.
“Sayuran dan buah tidak boleh absen dalam makanan saya, itu sudah wajib. Jadi, tubuh saya nggak gampang flu dan sakit. Segelas susu juga saya konsumsi setiap hari,” ungkapnya pada sebuah situs berita.
Setelah sempat terkena tifus karena diet sembarangan, membuat aktris Nia Ramadhani menjalani hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, serta rutin berolahraga. Menurut Nia, diet itu yang penting adalah menjaga pola makan; porsi cukup, tidak berlebihan, dan tetapi bergizi.
Jika Nia Ramadhani dan Marsha Tomothy menjaga pola makan dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah, lain lagi dengan Sherina Munaf. Ia tidak mengkonsumsi ayam atau daging, alias vegetarian. Penyanyi yang mengawali karirnya dengan film “Petualangan Sherina” ini, sudah tidak mengkonsumsi ayam atau daging sejak masih duduk di bangku SMA. Menurut dia, ayam ataupun daging tidak mengandung gizi, sehingga ia memilih untuk tak mengkonsumsinya.
Siapa yang tak kenal Bondan Winarno? Presenter acara kuliner yang terkenal dengan ucapan “maknyus” ini, harus benar-benar bisa menjaga keseimbangan makanan yang dia konsumsi, karena ia sering mencicipi makanan-makanan enak. Ia mengungkapkan, selain menjaga keseimbangan pola makan, ia banyak mengkonsumsi air putih.     
Ya, banyak mengkonsumsi air putih serta rutin berolahraga adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengimbangi, jika tetap ingin mengonsumsi segala jenis makanan yang berlemak, mengandung gula murni atau karbohidrat tinggi. (Irma Mutiara Manggia- 11)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/28/157473/

0 komentar:

Posting Komentar