Kamis, 10 November 2011

Lansia Diberdayakan Kegiatan Diusulkan

MANUSIA Lanjut Usia (Lansia), bukan berarti tidak bisa beraktifitas dan dikesampingkan oleh daerah. Terbukti di Kabupaten Tegal, saat ini ada Koordinator Daerah (Korda) Lansia. Kegiatannya meliputi senam bersama, pengajian, dan juga pengobatan gratis. Bahkan dalam waktu dekat, sebagai bentuk kepdulian Pemkab Tegal, bakal menyelenggarakan piknik bersama anggota Korda Lansia, meski secara bergilir.
Hal itu dikatakan Sekretaris II Korda Lansia yang juga Plt Kasubag Agama dan Pendidikan Bagian Kesra Pemkab Tegal, Komsari SIP, belum lama.
Dikatakan Komsari, keanggotaan Korda Lansia saat ini yang aktif sebanyak 100 orang terdiri dari Pepabri, PP, Polri, PWRI, LVRI, Yuswo Utomo, DHC 45, dan Purwa Saka Desa. Kegiatan rutin bulanan yaitu senam bersama dan pengajian bersama, dilanjutkan pengobatan gratis bagi anggota. Juga setiap tiga bulan sekali, digelar piknik bersama secara bergiliran antar anggota Korda Lansia.
Menurut dia, pemberdayaan Lansia, juga direncanakan bakal dibentuk sekolah Lansia, pemahaman, dan bantuan budidaya usaha, baik peternakan maupun wirausaha dan lainnya. Bakan bentuk ketrampilan bagi Lansia pun mendapat perhatian dari Pemkab Tegal. Di setiap kecamatan, sesuai rencana bakal dilakukan sosialisasi bagi Lansia oleh Korda Lansia. “Ini sebuah bukti jika Lansia tidak tersia-siakan oleh Pemkab di Kabupaten Tegal,” ujarnya.
Sementara, salah satu pengurus Korda Lansia, Letkol (Purn) Suparno AP, menyatakan, respek Pemkab Tegal terhadap Lansia cukup baik. Terbukti dengan adanya sejumlah kegiatan Lansia yang mendapat perhatian dan dukungan dari Pemkab. Baik kegiatan sosial keagamaan maupun kesehatan serta kegiatan lain yang berkaitan dengan Lansia.
“Kami sangat mendukung semua kegiatan Lansia termasuk piknik atau wisata bersama Lansia, meski dilaksanakan bergiliran. Semua demi kebersamaan dan silaturahim. Intinya, kami bersyukur atas kepedulian Pemkab,” terang Suparno. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar