Rabu, 25 Januari 2012

Hari K3 Nasional Kabupaten Tegal

DALAM rangka peringatan hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Pemerintah kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnakertran) Kabupaten Tegal mengadakan upacara hari K3 Nasional di lapangan PG Pangka, Rabu (25/1).
Hari K3 nasional dan pencanangan K3 nasional tahun 2012 ini mengambil tema Optimalisasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)  untuk Peningkatan Mutu Kerja dan Produktivitas. Dalam upacara tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kapada beberapa perusahaan dengan klaim kecelakaan terkecil dan tertib adminsitrasi kepesertaan jamsostek, pemberian penghargaan pelaksanaan K3 di perusahaan dengan baik, dan pemberian santunan jamsostek.
Hadir dalam upacara tersebut Muspida Kabupaten Tegal, beberapa SKPD di Kabupaten Tegal, pimpinan Jamsostek dan perwakilan semua perusahaan yang ada di Kabupaten Tegal. Sementara, Wakil Bupati  Tegal, H Moh Hery Soelistiyawan SH Mhum, ditunjuk sebagai inspektur upacara, dengan membacakan sambutan dari menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Drs H A Muhaimin Iskandar Msi.
Beberapa perusahaan yang diberi penghargaan dengan klaim K3 terkecil tahun 2011 dan tertib administrasi kepesertaan jamsostek yakni, PT Tegal jaya Makmur Sejahtera, Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat, PT Gopek Cipta utama, PT Gemilang Lestari Teknindo. Penghargaan pelaksanaan program K3 di perusahaan dengan baik, diberikan kepada PT PLN (Persero) UPT Tegal, PT Tegal Jaya makmur Sejahtera, PT Gunung Slamet Slawi, PT Patra Slamat Tegal dan PG Pangka. Sementara, santunan jamsostek dalam rangka kegiatan bulan K3 Kabupaten Tegal diterimakan kepada Arif Sugiarto dari PT Hotel Asri Munjung Agung senilai Rp 16.163. 186, Erry Daryanto dari PT Marguna tarulana APK farma senilai Rp 20.309.382, Erna Fatmawati dari PT BPR Nusamba Adiwerna senilai Rp 40.153.830, Rifai dari PG Pangka senilai Rp 5.410.613, Wastam dari PG Pangka senilai Rp 5.474.036. sementara total pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT) PG Pangka untuk 25 orang berjumlah Rp 115. 276.183.
Heri dalam sambutannya mengatakan, pemerintah wakil organisasi pengusaha, wakil serikat buruh/serikat pekerja, wakil asosiasi lembaga K3 dan wakil asosiasi profesi 3 maupun dewan K3 nasional telah sepakat dan berkomitmen untuk melakukan upaya bersama yang terkoordinasi dalam pelaksanaan strategi nasional k3, melalui implementasi berbagai program K3 di semua tingkatan. Mendorong para pimpinan perusahaan tempat kerja dan pekerja untuk memperioritaskan pelaksanaan K3 setiap kegiatan usaha. Bekerjasama dengan semua pihak, melakukan sosialisasi dan kampanye k3 dan evaluasi kinerja K3 terhadap program K3 nasional dan menjadikannya sebagai capaian kinerja.
"Saya mengharap komitmen ini tidak hanya sebatas penandatanganan saja, namun perlu di implementasikan dalam bentuk kegiatan yang nyata dan peran aktif dari masing-masing pihak dan kesehatan kerja,” katanya.
Setelah di lakukan upacara hari K3, dilakukan penanaman pohon caliptus dan trembesi yang di tanam wakil bupati bersama muspida lainnya, serta beberapa instansi yang hadir dalam upacara tersebut, yang dilanjutkan dengan ramah tamah bersama wabup dengan masyarakat industri di rumah dinas Adm PG Pangka. (fatur)
hSumber Berita : ttp://www.radartegal.com/index.php/Hari-K3-Nasional-Kabupaten-Tegal.html

0 komentar:

Posting Komentar