Senin, 23 Januari 2012

SMK Warga dan SMK Borobudur Dipercaya Rakit 400 Mesin Esemka

MALANG- SMK Warga Solo dan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang mendapat kepercayaan dari Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat mesin mobil Esemka.

Selain dua SMK tersebut, masih ada tiga SMK lain yang mendapat kepercayaan serupa, yakni SMKN 1 Singosari Malang, SMKN 4 Cilincing Jakarta dan SMKN 1 Bekasi.
Kelima SMK tersebut dipercaya untuk membuat masing-masing 200 mesin mobil Esemka. Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan mereka bisa memproduksi 1.000 mesin Esemka dengan didukung PT Nasional Motor. Humas SMKN 1 Singosari Malang, Agus Sudarto, mengatakan, ada dua jenis mesin yang diproduksi yakni 1.500c dan 2.000cc.

SMK yang memproduksi 1.000 mesin itu sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan dari PT Aika, yang menyuplai bahan dasarnya. Seluruh mesin yang dipesan Direktorat Pembinaan SMK itu bukan untuk dikomersialkan, melainkan untuk pembelajaran bagi SMK lain.
“Dua ratus mesin mobil yang diproduksi SMKN 1 Singosari akan didistribusikan kepada 10 SMK di Jatim. Tidak hanya merakit dan mendistribusikan, tapi juga menularkan pengetahuan kepada 10 SMK itu,’’ tambah Agus Sudarto.
Ke-10 SMK di Jatim itu berada di Tulungagung, Blitar, Kediri, Mojokerto, Kota Malang, Surabaya, dan Probolinggo.

Banyak Pesanan

Perakitan 200 mesin itu dilakukan siswa dari jurusan otomotif yang terbagi dalam dua tim. Mereka merakit secara bergantian.
SMKN 1 Singosari sejak 2009 sudah meluncurkan mobil Digdaya 1, yang merupakan prototipe mobil double cabin 4X2. Pada tahun 2010 merakit Esemka Rajawali dengan tipe SUV. Belakangan merakit truk dan pikap.
Meski minat masyarakat untuk memiliki mobil Esemka cukup besar, langkah ke depan masih menunggu kebijakan dari Kementerian Pendidikan.

“Pada muktamar Thariqah di Bululawang (Malang) yang dibuka oleh presiden beberapa waktu lalu, ada banyak pesanan. Ini akan kami sampaikan ke kementerian,” tambah Agus.
Di Muktamar 10 -14 Januari lalu, SMKN 1 Singosari dan SMKN 6 Malang memamerkan beberapa jenis mobil Esemka. Di luar dugaan, sekitar 300 unit dipesan oleh muktamirin. Salah satu mobil Esemka karya SMKN 6 Malang langsung dibeli Menteri Pendidikan M Nuh dan disumbangkan ke Ponpes Al Munawwariyyah Bululawang. (jo-43) (/)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/24/174698/SMK-Warga-dan-SMK-Borobudur-Dipercaya-Rakit-400-Mesin-Esemka

0 komentar:

Posting Komentar