Senin, 23 Januari 2012

Tahun Baru Imlek Pengertian dan Sejarah

Pergantian tahun bagi sebagian besar orang merupakan momen yang sangat berarti. Sehingga dirasa perlu untuk dijadikan sebagai hari libur bahkan ‘diritualkan’ oleh sebagian lainnya. Bukanlah hal yang berlebihan mengingat peristiwa ini hanya berlangsung setahun sekali.

Imlek (lafal Hokkian dari pinyin: yin li, yang artinya kalender bulan) atau Kalender Tionghoa, adalah kalender lunisolar yang disusun dengan menggabungkan kalender bulan kalender matahari. Kalender ini oleh masyarakat Tionghoa digunakan untuk memperingati berbagai hari perayaan tradisional Tionghoa dan memilih hari yang paling menguntungkan untuk perkawinan atau membuka usaha.

 

Kalender Tionghoa dikenal juga dengan sebutan lain seperti "Kalender Agrikultur (nónglì)", "Kalender Yin" (karena berhubungan dengan aspek bulan), "Kalender Lama" (jìulì: setelah diadopsinya kalender baru/masehi), dan "Kalender Xià".
Kalender Tionghoa memiliki aturan/perhitungan yang sedikit berbeda dengan kalender umum. Hari, dalam kalender ini dimulai dari jam 23 (11 malam), dan bukan jam 24 (jam 12 malam). Satu tahun ada 12 bulan, tetapi setiap 2 atau 3 tahun sekali terdapat bulan ganda (rùnyuè, 19 tahun 7 kali). Hari pertama pada setiap musim dihitung mulai pada hari pertama perayaan musim semi (Chun Jie).

Mulai dikembangkan pada millennium ketiga sebelum masehi, konon, kalender ini ditemukan oleh penguasa legendaries: Huàng Dì. Penguasa ini memerintah antara tahun 2698 SM – 2599 SM, dan dikembangkan lagi oleh penguasa keempat Kaisar Yào.
Siklus 60 tahunan kalender ini (gānzhī atau liùshí jazi) mulai digunakan pada millennium kedua sebelum masehi. Kalender yang lebih lengkap ditetapkan pada tahun 841 SM pada zaman Dinasti Zhōu dengan menambahkan penerapan bulan ganda dan bulan pertama/awal tahun dimulai saat titik balik matahari pada musim dingin. Dalam perkembangan selanjutnya di masa Dinasti Qin, Han, dan Tang (bukan alat bengkel) kalender ini mengalami beberapa modifikasi lagi.

Pie? Mudeng po mubeng? Bingung? Podo.

Perayaan tahun baru Imlek merupakan sebuah perayaan besar bagi masyarakat Tionghoa. Mereka menggantung lentera merah, membunyikan petasan, dan menyembunyikan sapu. Disinilah ke-khas-an perayaan ini. Selain itu perayaan ini juga ditandai dengan penempelan gambar Dewa Penjaga Pintu selama hari-hari perayaan.

Dewa Penjaga Pintu
Tahun ini kalender Imlek memasuki tahun 2562 (bandingkan dengan masehi yang 'baru' 2011) yang perayaannya diperkirakan akan jatuh pada tanggal 3 Februari 2011.
 

0 komentar:

Poskan Komentar