Rabu, 29 Agustus 2012

Jokowi Punya Esemka Gubernur Jabar Tak Mau Kalah

TEMPO.CO , Bandung - Kalau Wali Kota Surakarta, Joko Widodo memiliki ''proyek'' bernama mobil Esemka, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan juga punya cita-cita untuk membikin kendaraan khas dirinya.

"Kalau Jokowi pakai mobil Esemka, Saya punya mobil ITB nanti," kata Ahmad seusai melepas mobil balap mini buatan mahasiswa di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin 27 Agustus 2012.

Pada kesempatan itu, Heryawan minta dibuatkan mobil sejenis minibus dan jip. Ia meyakini kendaraan buatan mahasiswa dan dosen ITB bisa lebih bagus ketimbang mobil Esemka.

Selain minta dibuatkan mobil sejenis minibus dan jip, Ahmad juga berencana memesan seribu unit traktor untuk menggantikan traktor impor dari Jepang.

Menanggapi permintaan itu, Rektor ITB Akhmaloka mengatakan untuk pembuatan traktor, ITB tidak akan memenuhinya dengan produksi langsung. "Kami bisa membuat teknologinya, tetapi tidak ke arah produksi karena itu sesuatu yang beda," jelasnya.

Pasalnya, lanjut Akhmaloka, untuk memproduksi kendaraan dibutuhkan kebijakan pemerintah. Di sisi lain, pabrikasi bukan tanggung jawab perguruan tinggi. "ITB bisa membuat model kendaraan dan mengembangkannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Walhasil, kata dia, ITB hanya akan membuat model traktor. Adapun mesinnya pada tahap awal berasal dari impor.

Untuk pembuatan dan perakitannya, perlu kerjasama dengan industri. "ITB bisa saja membuat perusahaan otomotif, tapi sekarang belum ke arah situ, kami membikin model saja dulu," katanya. Sejauh ini, kata dia, belum dibicarakan masalah dana pembuatan model traktor pesanan Gubernur itu.

ANWAR SISWADI
Sumber Berita : http://www.tempo.co/read/news/2012/08/28/058425912/Jokowi-Punya-EsemkaGubernur-Jabar-Tak-Mau-Kalah

0 komentar:

Posting Komentar