Rabu, 29 Agustus 2012

Para Sarjana Ditantang Menjadi Perwira TNI

TEMPO.CO, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia kembali membuka kesempatan kepada putra-putri Indonesia lulusan perguruan tinggi untuk bergabung menjadi seorang perwira TNI melalui pendidikan pertama perwira prajurit karier TNI. Alokasi perwira karier yang dibutuhkan sebanyak 128 orang. "Pendaftaran dibuka mulai 15 Agustus sampai 30 September 2012," kata Kepala Dinas Penerangan Umum TNI, Kolonel Cpl. Minulyo Suprapto, melalui surat edaran yang diterima Tempo, Selasa, 28 Agustus 2012.
Minulyo mengatakan alokasi sebanyak 128 orang itu terdiri atas 109 pria dan 19 wanita. Materi seleksi meliputi administrasi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, psikologi, dan mental ideologi.
Persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk jurusan/program studi Akreditasi »A” minimal 2,80 untuk S1, baik umum maupun profesi dan minimal 2,70 untuk program Diploma 3. Adapun persyaratan IPK untuk jurusan/program studi Akreditasi »B” ditambah 0,20, kecuali perguruan tinggi binaan Kemhan/TNI. Adapun yang berasal dari perguruan tinggi binaan Kemhan/TNI, seperti UPN Veteran, Universitas Suryadarma, STT Adisucipto, Universitas A. Yani, dan Universitas Hang Tuah, persyaratan IPK tidak kurang dari 2,80.
Para calon perwira juga harus berstatus belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama, kecuali untuk pendaftar berprofesi dokter diperbolehkan sudah menikah. Namun, dokter wanita harus belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak atau hamil selama dalam pendidikan pertama.
Tinggi badan untuk peserta seleksi minimal 163 cm bagi pria dan 157 cm bagi wanita dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku. Para pendaftar harus bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi perwira TNI, bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah RI. Bagi karyawan, harus mendapatkan persetujuan dan sanggup membuat pernyataan diberhentikan dengan hormat dari pimpinan instansi yang bersangkutan bila lulus dan masuk pendidikan pertama TNI.
Minulyo mengatakan para sarjana yang berminat dan menyukai tantangan atau petualangan serta berjiwa patriotik dapat segera mendaftarkan diri ke kodam, lanal, lanud, korem, dan kodim terdekat. Pendaftaran secara online dan informasi lebih lengkap bisa diakses melalui http://rekrutmen-tni.ilmci.com
SUNDARI
Sumber Berita :  http://id.berita.yahoo.com/para-sarjana-ditantang-menjadi-perwira-tni-104428480.html

0 komentar:

Posting Komentar