Selasa, 28 Agustus 2012

Suryadharma : Ibu Tokoh Syiah Sampang Ingin Pindah

TEMPO.CO , Jakarta: Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan ibunda tokoh Syiah dan Suni di Sampang, Madura menginginkan pindah ke tempat lain. "Ketika (saya) bertemu dengan ibundanya Tajul Muluk dan Rois Umah (dua saudara yang berkonflik),  Beliau mengatakan ingin pindah ke tempat lain," kata Suryadharma di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2012.

Menurut dia, keinginan warga yang mengungsi ini sedang didalami dan dikroscek lebih lanjut oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo. "Kalau mereka (warga) memang ada keinginan mengungsi, akan ditindaklanjuti sesuai keinginan mereka," kata dia.

Suryadharma mengatakan, kepindahan warga merupakan upaya penyelesaian jangka panjang dari konflik di Sampang, Madura, Jawa Timur. Dalam waktu dekat, pemerintah memprioritaskan upaya mengembalikan rasa aman warga Sampang seusai tindak kekerasan terhadap komunitas Syiah Ahad lalu. (Baca:Warga Syiah Emoh Dievakuasi karena Punya Tembakau)
"Pemerintah menangani aspek kemanusiaan, mulai dari konsumsi dan pakaian, kemudian bagaimana solusi untuk anak-anak supaya tetap bersekolah," kata Suryadharma di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2012.

Bentrok pemuda Syiah terjadi di Sampang. Setidaknya dua penganut Syiah tewas akibat sabetan celurit. Sekitar 10 rumah juga terbakar. "Kerugian lain belum tahu karena kami masih bersembunyi," kata sumber berinisial HI, yang enggan menyebut nama lengkapnya. (Baca:Menteri Agama: Konflik Sampang Masalah Keluarga)
Pembakaran rumah milik warga Syiah bukan pertama kali terjadi di Sampang. Akhir Desember tahun lalu, massa membakar rumah Tajul Muluk, pemimpin Syiah Sampang. Tajul tengah menjalani vonis dua tahun penjara dalam kasus penodaan agama.

PRIHANDOKO
Sumber Berita :  http://id.berita.yahoo.com/suryadharma-ibu-tokoh-syiah-sampang-ingin-pindah-001014301.html

0 komentar:

Poskan Komentar