Kamis, 14 Juli 2011

Pesona Ratusan Lumba-lomba Lampung Baratp

POPULASI ikan lumba-lumba yang berada di kawasan pesisir Lampung Barat terjaga dan menjadi daya tarik bagi wisata bahari daerah tersebut. Hal itu dikemukan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Barat, Nata Djudin Amran, di Liwa Senin (11/7).
Dia menjelaskan, sebagian besar masyarakat pesisir menjaga kelestarian populasi ikan tersebut.
Menurut dia, potensi jelajah bahari menjadi pilihan bagi wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung di Lampung Barat untuk menikmati ratusan lumba-lumba di perairan tersebut.
"Saya meyakini panorama laut yang indah itu mampu memberikan kontribusi besar terhadap kunjungan wisatawan asing dan domestik pesisir, dan terlihat hampir setiap harinya para turis itu menikmati kawanan lumba-lumba yang muncul di kawasan laut tersebut," kata dia.
Ditambahkan, wisata bahari di Lampung Barat belum terkelola dengan baik, dan menjadi peluang investasi bagi investor.
Kabupaten Lampung Barat memiliki berbagai potensi lokal yang layak untuk dikembangkan, kawasan pesisir Lampung Barat juga kaya akan potensi wisata bahari di mana terdapat dua pulau yang dapat dijadikan ekowisata bahari, yakni Pulau Betuah dan Pulau Pisang.
Dua pulau tersebut diketahui terdapat ratusan ribu ikan lumba-lumba. Terjaganya populasi ikan tersebut disebabkan larangan masyarakat untuk menangkap ikan lumba-lumba sehingga populasi ikan ini meningkat setiap tahunnya.
Ketinggian Ombak
Keelokan panorama laut memberikan penawaran bagi wisatawan asing dan domestik untuk menjelajah di perairan Lampung Barat, sehingga kegiatan tersebut sebagai sarana rekreasi dan pengetahuan.
Kawasan pesisir juga memiliki ketinggian ombak mencapai 5 meter dan panjang gelombang 200 meter.
Tanjung Setia menjadi salah satu pantai dengan ombak tertinggi di dunia. Setiap tahunnya tidak kurang dari 100 ribu wisatawan asing yang berasal dari Australia, Portugal, Belanda, Jepang dan Amerika berkunjung ke pantai ini untuk melakukan aktivitas surfing.
Sementara itu, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan, pemerintah akan memberikan kesempatan bagi pihak investor mengelola potensi bahari di Lampung Barat.
"Kami akan memberikan kemudahan bagi investor untuk mengembangkan kawasan bahari pesisir Lampung Barat. Keindahan yang dimiliki menawarkan peluang usaha sektor pariwisata," kata Bupati menambahkan.
 "Saya berharap pemerintah pusat membantu Lampung Barat dalam mengembangkan pariwisata di kawasan pesisir ini, daerah ini dapat dijadikan tujuan wisata nasional dan internasioanl dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia." (ant-24)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/13 Juli 2011

0 komentar:

Posting Komentar