Senin, 26 September 2011

YAUMI Perlu Diaudit

YAYASAN Amal Umat Islam (YAUMI) Kabupaten Tegal sebagai lembaga sosial keagamaan yang menghimpun dana dari seluruh lapisan masyarakat, perlu diaudit oleh tim audit independen. Audit tersebut dimaksudkan sebagai upaya transparansi penggunaan dana YAUMI yang berasal dari masyarakat Kabupaten Tegal.
Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal yang berasal dari FPKB, Firdaus Assyaerozi SE. Menurut dia, audit terhadap YAUMI dirasa perlu agar masyarakat di Kabupaten Tegal ini memahami penggunaan anggarannya. Selain itu, juga untuk meredam 'tudingan miring' terhadap pengelolaan dana YAUMI.
"Audit dilaksanakan untuk mengetahui perputaran dana pada YAUMI. Sehingga, publik dapat mengetahui secara jelas penggunaan dana infaq yang mereka salurkan melalui yayasan tersebut.," ungkap Firdaus.
Selain itu, lanjutnya, audit juga dipandang perlu agar publik mengetahui perkiraan bantuan yang dapat dialokasikan melalui dana YAUMI, sesuai dengan laporan neraca keuangan yang ada.
"Jadi kalau memang dananya menipis, masyarakat dapat memaklumi seandainya pengajuan bantuan mereka tidak direalisasikan oleh YAUMI. Tidak seperti sekarang ini, dimana terjadi seperti masyarakat Pagerbarang yang mengeluh karena mengajukan bantuan kepada YAUMI untuk pembangunan masjid, tapi tidak ada kejelasannya," bebernya.
Namun demikian, diakui Firdaus yang juga menjabat Sekretaris DPC PKB Kabupaten Tegal itu, lembaga legislatif tidak dapat memaksakan pelaksanaan audit terhadap YAUMI. Karena memang, lanjutnya, DPRD tidak memiliki kewenangan untuk memaksakan pelaksanaan audit tersebut.
"DPRD memang tidak memiliki kewenangan untuk memerintahkan pelaksanaan audit terhadap YAUMI. Ini hanya tinggal bergantung pada kemauan pengelola YAUMI. Kalau memang ingin adanya transparansi, ya segera saja menunjuk tim audit independen," ujarnya.
Firdaus berharap, pengurus YAUMI dapat mengapresiasi keinginan dari sejumlah elemen masyarakat yang disuarakan melalui reses yang digelarnya beberapa waktu lalu, terkait transparansi  pengelolaan dana YAUMI. Sehingga, pengelolaan dana YAUMI yang notabene didapat dari seluruh lapisan masyarakat itu, dapat dilaksanakan secara transparan. (aan)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar