Senin, 19 September 2011

Dari Sosialisasi KKN Mahasiswa UPS Tegal di Desa Kabukan

SEJUMLAH Mahasiswa Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal menggelar sosialisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kabukan Kecamatan Tarub, Sabtu malam lalu. Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa setempat Manis Kusbani beserta jajarannya, Dosen pendamping lapangan (DPL), dan tokoh masyarakat sekitar.
Acara ramah tamah yang dihelat di pendopo desa setempat ini, sekaligus untuk memperkenalkan diri selaku mahasiswa UPS terhadap masyarakat Desa Kabukan. Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN, sebanyak 15 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan.
Ketua Tim KKN Sunarjo mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama dua bulan. Selama itu, Tim KKN akan memberikan empat item wawasan terhadap masyarakat sekitar. Yakni, ilmu pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan hidup. Adapun tujuan dari KKN sendiri, mahasiswa UPS ini menjelaskan, untuk memberdayakan keluarga dalam menanggulangi kemiskinan serta membangun keluarga sejahtera.
"Intinya kita akan memberikan tata cara menuju keluarga sejahtera," paparnya. Dia menguraikan, bagi anak yang masih berusia sekolah, wajib mengenyam belajar selama sembilan tahun. Karena itu merupakan program pemerintah pusat yang harus dicanangkan. Bagi warga yang tidak mampu, tidak perlu takut dengan biaya sekolah yang tinggi. Sebab, sekolah sekarang ini, tidak dipungut biaya alias gratis. Bila ditemukan ada yang dimintai sumbangan tanpa alasan yang tepat, orang tua bisa melaporkannya ke dinas yang berwenang.
"Ilmu pendidikan salah satu item yang akan kami terapkan di sini (Desa Kabukan, red)," ujarnya. Dia melanjutkan, rencana kerja dan jadwal kegiatan KKN di Desa Kabukan, dengan cara observasi dan pendataan langsung di lapangan. Kemudian setelah itu, Tim KKN akan mengidentifikasi permasalahan serta menyiapkan beberapa program yang telah dicanangkan universitasnya.
"Tugas mahasiswa KKN ini sebagai motivator pembangunan masyarakat desa dengan kemampuan intelektualnya masing-masing," jelasnya. Sementara itu, Kepala Desa Kabukan Manis Kusbani mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada sejumlah mahasiswa KKN tersebut. Dirinya juga mengaku tidak akan segan, bilamana tim KKN memerlukan informasi penting terkait warganya. "Kami akan membantu sebatas kemampuan kami. Silahkan tim KKN menyalurkan ilmunya kepada warga kami ini," katanya. (yeri novel)
Sumber Berita :http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar