Minggu, 18 September 2011

Tiga Ruko Ludes Terbakar

SLAWI - Sedikitnya tiga bangunan rumah toko di Jalan Raya Pagongan, Desa Bandasari, Kecamatan Du­kuhturi, Kabupaten Tegal, ludes terbakar, Jumat (16/9) sekitar pukul 23.00.
Ketiga ruko yang berlokasi di sebelah timur Markas Kodim 0712 Tegal itu, merupakan toko sekaligus gudang minyak go­reng milik Suryono Suciadi (62) alias Sun Yang, toko karung plas­tik dan ruko pakan ternak mi­lik Amin­udin (48). Selain tiga ru­ko tersebut, api juga meluluh­lan­takkan sebagian bangunan kios jamu di sebelah ruko pakan ternak.
Tidak ada korban jiwa da­lam musibah itu. Berdasarkan ke­terangan saksi, Afif (25), api berasal dari ruko milik Sun Yang. Afif dan sejumlah warga yang mengetahui hal itu lantas membangunkan Sun Yang yang sedang tidur. Pintu ruko digedor-gedor. Sun Yang me­nye­lamat­kan diri dengan cara me­manjat tembok menggunakan tangga.
Karena isi ruko banyak terdapat bahan mudah terbakar, api dengan mudah merembet ke sejumlah bangunan di sekitar. Di dalam ruko juga terdapat pu­luh­an drum minyak yang se­sekali meledak. Tiupan angin yang kencang juga mempercepat besarnya api. “Kali pertama saya melihat api kecil dari celah pintu ruko pedagang minyak goreng. Lalu ada suara ledakan. Api membesar dan dengan cepat merembet ke kios lainnya,” ujar Afif.
Menyelamatkan Diri
Para penghuni ruko di sekitar lokasi kejadian langsung berhamburan keluar. Mereka menyelamatkan diri dari ko­baran api. Ratusan warga ber­usa­ha mencegah ruko lainnya dari jilatan si jago merah. Me­re­ka bahu membahu menyiram­kan air dengan menggunakan ember.
Petugas Dinas Kebakaran Pemkot dan Pemkab Tegal serta Brebes langsung menuju lokasi begitu mendapat laporan. Polisi mengamankan situasi. Lima mobil pema­dam dikerahkan. Karena sulit mendapatkan sumber air terdekat, petugas mengalami kendala dalam mema­dam­kan­nya.Berkali ulang mobil pe­ma­dam keha­bis­an pa­sok­an air, padahal api kian membesar. Namun petugas tak patah arang. Api akhirnya dapat bisa dipa­damkan empat jam kemu­dian, sekitar pukul 03.00.
Kapolres AKBP Nelson Parda­mean Purba SIK melalui Kasat­reskrim AKP Rudi Wihar­tana SH menjelaskan, berdasarkan penyelidikan sementara, penyebab keba­karan diduga berasal dari hubungan arus pendek di ruko minyak goreng. Aki­bat kebakaran tersebut, ke­rugian diperkirakan mencapai Rp 750 juta. (K22,H77,H64-88)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/18/159564/

0 komentar:

Posting Komentar