Selasa, 18 September 2012

MUI Akui Dukung Foke Nara

TEMPO.CO, Jakarta -  Koordinator Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ma’ruf Amin mengaku memang mendukung calon gubernur DKI incumbent Fauzi Bowo. Ketika dihubungi Tempo, Selasa 18 September 2012, Ma’ruf mengatakan, Foke adalah kandidat gubernur yang kuat agamanya, dekat dengan ulama, serta pernah menjadi ketua tanfidziyah Nahdatul Ulama wilayah DKI.
Kedua, Foke dianggap memiliki pendidikan yang cukup karena merupakan tamatan S3 dari jerman tentang perencanaan kota. Lalu, Bang Kumis juga dinilai berpengalaman mengabdi di DKI selama 30 tahun lebih. Ma’ruf juga menyebut, Foke telah menorehkan banyak prestasi.
Sehingga, kata Ma’ruf, sejumlah ketua MUI secara personal sudah bersepakat mendukung Foke.  Dukungan itu diberikan dalam bentuk selebaran yang disebarkan ke berbagai wilayah Jakarta.  »Itu tausiyah ulama dan habaib untuk umat Islam DKI. Supaya tidak menimbulkan kegaduhan, maka lebih baik kami sampaikan secara tertulis,” kata Ma’ruf.

Meski tahu soal isi selebaran itu, Ma’ruf mengaku tidak tahu siapa penyebarnya. »Orang-orang yang sepakat biasanya kemudian menyebarkan,” kata dia.
Masalahnya, di lapangan, himbauan MUI untuk memilih Foke itu, digabung dengan selebaran lain yang isinya ‘seram’. Ada yang menyebut Jokowi beragama kristen. Ada yang menyebut daftar kegagalan Jokowi memimpin Solo, dan banyak lagi. »Kalau yang itu bukan dari kami. Masa ulama ngomongin orang,” kata Ma’ruf.
Umar Shihab, salah satu ketua MUI membenarkan, secara personal, ketua MUI membuat kesepakatan bersama di antara mereka untuk mendukung Bang Kumis. Kesepakatan itu dibuat setelah pemilukada putaran pertama menyisakan dua calon, yaitu Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. »Dalam kesepakatan itu, kami mendukung Fauzi Bowo, memang betul. Tapi bukan berarti ikut kampanye.”
Selebaran yang ditemukan Tempo di Jakarta Timur, terdiri dari lima lembar. Lembar pertama hingga ketiga berjudul Tausiyah Ulama dan Para Habaib DKI Jakarta Kepada Umat Islam DKI Jakarta, berisi kutipan ayat-ayat Al-Qur’an dan alasan mendukung Foke. Ditambah, pencantuman nama-nama 14 orang, di antaranya ketua MUI, Ma’ruf Amin, Umar Shihab, dan  Amidhan. Lembar keempat memuat biodata Jokowi dan Ahok. Adapun lembar kelima berisi artikel opini  koran Kompas.
Umar membantah bahwa dia membuat selebaran untuk mendukung calon gubernur incumbent, Fauzi Bowo. »Kami mendukung, tapi tidak pernah membuat selebaran,” katanya saat dihubungi terpisah.
Umar menduga, selebaran dukungan untuk Foke itu dibuat oleh kalangan yang mengetahui adanya kesepakatan para ketua MUI. »Mungkin dibuat oleh teman-teman yang tahu bahwa kami setuju (dukung Foke),” ujar Umar.
 Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/mui-akui-dukung-foke-nara-233453604.html

0 komentar:

Poskan Komentar