Kamis, 05 Januari 2012

Minimalisir Politik Uang

DEWAN Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Tegal, berupaya menghindari terjadinya politik uang pada setiap gelaran pemilihan kepengurusan di partainya. Hal itu diwujudkan baik dalam pemilihan ketua di tingkat daerah, cabang, maupun ranting. Bahkan dalam menghindari politik uang, pemberian rekomendasi calon diberikan 30 menit sebelum pelaksanaan.
Begitupun yang terjadi pada Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PAN Kecamatan Slawi yang dilaksanakan di aula Susu Aneka Slawi, belum lama ini. Dalam Muscab itu, rekomendasi yang diperoleh dari DPW PAN Provinsi Jateng diberikan 30 menit sebelum pelaksanaan Muscab.
“Dalam rekomendasi tersebut, dua calon yang berhak maju menjadi Ketua DPC PAN Slawi periode 2011-2015 yakni H Syamsu Rizal BE (mantan Ketua DPC PAN Slawi periode 2009-2011) dan Tariyono (mantan Sekretrais DPC PAN Slawi periode 2009-2011),” terang Ketua DPD PAN Kabupaten Tegal, Sahuri.
Dalam pemilihan tersebut, kedua calon mendapatkan suara sama dengan masing-masing calon memperoleh 10 suara. Oleh karenanya dilakukan pemungutan suara ulang, sesuai aturan yang ada. Dalam pemungutan suara ulang, akhirnya H Syamsu Rizal BE memperoleh suara lebih unggul 12 suara dibanding suara milik Tariyono yang hanya 8 suara.
“Rekomendasi diberikan 30 menit sebelum pemilihan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya politik uang,” ucap Sahuri.
Menurut Sahuri, penjatuhan rekomendasi calon itu telah dilakukan disetiap pemilihan. Hal itu agar calon tidak bisa menggunakan uangnya untuk membeli suara dari setiap perwakilan yang memiliki hak suara. Sehingga pemilihan akan berjalan sesuai harapan, dan pemilihan ketua mendasari kemampuan dan kredibilatas calon yang bertarung. Sehingga siapapun yang berpotensilah yang bakal menjadi pemenang dalam pemilihan ketua.
“Kami berharap, Ketua DPC PAN Slawi terpilih memiliki komitmen dalam memperjuangkan garis-garis besar PAN, visi, dan konsep yang jelas. Juga mampu berkomunikasi di semua lini baik intern partai, ekstern partai, dan dengan elemen masyarakat,” pungkasnya. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar