Jumat, 06 Januari 2012

Kiat Esemka Menanti Investor

SOLO-Pemkot Surakarta berniat menggandeng investor guna mengembangkan produksi mobil Kiat Esemka. Selain itu, perencanaan bisnis atau business plan pengembangan produksi mobil tersebut juga bakal dirancang, dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan Wali Kota Joko Widodo saat dijumpai di Loji Gandrung, Jumat (6/1).
“Pekan depan, semua stakeholder yang terlibat dalam pembuatan mobil ini akan dikumpulkan dan business plan akan mulai disusun. Setelah itu, tinggal mencari investor untuk mendukung pengembangan industrinya,” kata dia.
Pria yang biasa disapa Jokowi ini membatasi hanya investor dalam negeri yang boleh terlibat.
“Investor lokal itu diharapkan bisa mendukung pola industri yang mau dibangun. Ke depan, produksi Esemka bakal dilakukan dengan model kemitraan dengan sistem home industry.”
Pola tersebut akan melibatkan swasta, pemerintah, serta siswa sebagai pelaku perakitan mobil.
“Swasta itu pelaku industri seperti Kiat Motor. Sedangkan pemerintah, baik melalui dukungan Solo Techno Park (STP) dari Pemkot maupun dari Kementerian Perindustrian, Dirjen Perhubungan Darat dan instansi terkait lainnya,” urai Jokowi.
Saat disinggung tentang target realisasi produksi mobil fenomenal tersebut, Wali Kota enggan memprediksi. “Lebih baik dirampungkan dulu proses sertifikasi, uji emisi, dan registrasinya. Yang jelas, Pemkot juga siap mendukung penyediaan lokasi perakitan di STP. Apalagi tahun ini ada dana Rp 10 miliar dari pemerintah pusat yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut.”
Dapat Apresiasi
Seperti diketahui, kendati belum dinyatakan lulus uji emisi oleh Kemenhub, mobil bertipe Sport Utility Vehicle (SUV) hasil rakitan siswa SMK Negeri 2 dan SMK Warga Solo telah mendapat apresiasi berbagai pihak. Order untuk kendaraan tersebut terus mengalir sampai kini.
Uji emisi, menurut Kepala Dishub Yosca Herman Soedradjat, akan dilakukan secepatnya. “Pekan ini juga, prototype mobil akan kami bawa ke Jakarta, untuk menjalani uji kadar emisi,” kata dia.
Siang kemarin, Kiat Esemka yang diproyeksikan bakal menjadi mobil dinas (mobdin) Wali Kota itu diparkir di citywalk, depan Loji Gandrung. Menurut Jokowi, mobil tersebut dipamerkan kepada khalayak umum, sehingga keberadaannya kian diketahui masyarakat. Tak pelak, hal itu disambut antusias ratusan warga. Mereka secara bergantian datang ke lokasi parkir Esemka berwarna hitam metalik itu.
Tak hanya mengamati bagian demi bagian mobil tersebut, sejumlah warga bahkan menyempatkan diri melakukan test drive mengitari halaman Loji Gandrung. (H73-27,26)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/07/172679/

0 komentar:

Posting Komentar