Minggu, 01 Januari 2012

Video Kekerasan Pelajar Beredar di Internet

SLAWI - Dua rekaman video kekerasan yang diduga dilakukan oleh pelajar salah satu SMK di Kabupaten Tegal beredar di internet dengan situs youtube.com. Rekaman video yang berdurasi sekitar empat menit dan enam menit tersebut, terdapat adegan pemukulan oleh siswa yang diduga merupakan kakak kelas atau senior, kepada sejumlah siswa yunior di sekolah tersebut.
Selain itu, juga terekam seorang siswa yang memerintahkan secara paksa kepada siswa lainnya untuk memukuli rekannya. Dalam video tersebut, terdapat lebih dari satu siswa merekam adegan pemukulan dengan kamera telepon genggam. Adegan kekerasan tersebut, diduga dilakukan di dalam salah satu ruang kelas. Para siswa yang dipukuli, disuruh berdiri di depan kelas. Sementara siswa lainnya secara bergantian memukuli bagian perut, maupun menampar wajah berulang kali.
 Bahkan, ketika salah satu siswa yang dipukuli terlihat tertunduk karena tak kuat menahan pukulan, seorang siswa senior menariknya dan malah menamparnya lagi. Video tersebut, diunggah tepat pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, dua bulan lalu. Hingga siang kemarin, video pertama sudah ditonton lebih dari seribu kali, sementara video kedua baru ditonton sekitar 160 kali. Orang yang mengunggah video tersebut ke youtube, menggunakan nama onelove 2725.
Di akhir tayangan video itu, terdapat tulisan ”Jangan Ditiru”. Adapun, dari pantauan, sebagian besar pengguna internet yang menyaksikan video tersebut, mengecam aksi kekerasan pelajar tersebut. Plt Kepala Dinas Dikpora, Drs Edy Pramono melalui Kasi Pendidikan SMK H Suratmo MPd ketika dikonfirmasi menyatakan, belum mengetahui beredarnya video tersebut.
Pihaknya akan mendatangi sekolah yang bersangkutan untuk memastikan benar atau tidak adegan kekerasan pelajar tersebut.  ”Yang jelas, saat ini paradigma pendidikan sudah tidak menggunakan kekerasan seperti itu,” tegasnya. Terpisah, KBO Sat Intelkam Polres, Ipda Purwanto belum bisa memberikan komentar karena beredarnya video tersebut masih diselidiki. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar