Rabu, 29 Februari 2012

Dari Kegiatan Girl Guides and Girl Scout Meeting

Belum banyak pangkalan Pramuka Penegak yang menggelar kegiatan keputrian. Seperti halnya yang digelar Gudep SMKN 1 Slawi, dengan menggelar kegiatan bertajuk Girl Guides and Girl Scout Meeting 2012. Seperti apa ?

LAPORAN : FATKHUROHMAN
Ada pemandangan berbeda di Gugus Depan (Gudep) pangkalan SMK Negeri 1 Slawi. Tampak ratusan anggota Pramuka Penegak Putri dari berbagai 23 pangkalan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Tegal unjuk kemampuan dan ketrampilannya masing-masing.
Mereka bersaing dan berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam kegiatan yang digelar oleh Gudep SMKN 1 Slawi yang terbalut dalam kegiatan Girl Guide and Girl Scout Meeting (GSM) tahun 2012, Minggu (26/2) lalu.
Adapun jenis mata lomba yang diujikan yaitu memasak dan menata meja makan (keputrian), lomba tata busana Indonesia, LCK, IT, micro teaching (scouting princess), Pertolongan Pertama, dan tata cara pengibaran bendera (Scouting Skill).
“Kegiatan ini dapat menjadi pilot project untuk kegiatan di pangkalan Penegak di wilayah Kwarcab (Kwartir Cabang, Red) 11.28 Tegal,” ungkap Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR, didamping Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY, dan Sejumlah Pembina SMKN 1 Slawi saat meninjau kegiatan.
Menurut dr Joko, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi generasi muda karena memberikan ketrampilan secara langsung bagi anggota Pramuka. “Pramuka putri dituntut untuk bisa membuat menu makanan sekaligus memasak. Terlebih pada kegiatan scouting princess, Penegak putri harus membuat presentasi dengan laptop sekaligus berbusana ala pahlawan Indonesia. Ini jelas sangat besar manfaatnya,” tandasnya.
Dr Joko berharap, kegiatan sejenis yang dapat menyentuh langsung manfaatnya bagi anggota Pramuka agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya. “Saya harap, kegiatan ini bisa dipertahankan dan bila perlu dilestarikan,” harap Direktur RSUD Dr Soesilo Slawi itu.
Sebelumnya, Kepala SMKN 1 Slawi, Purwanto Hadi Susetyo SPd, selaku Ketua Mabigus saat membuka secara resmi kegiatan, mengaku prihatin dengan maraknya aksi tawuran pelajar yang sering terjadi belakangan ini. Sehingga, kegiatan perlombaan yang bernuansa ketrampilan ini diharapkan bisa menjadi solusi berbagai masalah kaum muda khususnya para pelajar.
“Jadikan kegiatan GGM ini sebagai ajang silaturahmi antar anggota Pramuka Penegak putri dan unjuk prestasi khususnya di bidang Kepramukaan,” katanya.
Adapun peserta yang berhasil meraih kejuaraan yaitu Lomba Keputrian, Juara 1 diraih MAN Babakan Lebaksiu, Juara 2 SMK NU 1 Slawi, dan Juara 3 SMKN 2 Slawi. Pada mata lomba Scouting Princess Juara 1 diraih SMAN 1 Bojong, Juara 2 SMAN 2 Slawi, dan Juara 3 SMAN 1 Slawi.
“Untuk mata lomba Scouting Skill, Juara 1 disabet SMAN 1 Slawi (A), Juara 2 SMAN 1 Slawi (B), dan Juara 3 SMKN 1 Slawi. Adapun untuk juara umum diraih SMAN 1 Bojong, sehingga berhak atas tropi bergilir Ketua Kwarcab 11.28 Tegal,” terang Pembina Gudep SMKN 1 Slawi, Sri Retnoningsih SPd.
Dirinya mengaku puas dan bangga dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan sukses dan lancar tanpa adanya halangan apapun, meski sempat diguyur hujan selama 1 jam lebih.
“Panitia sangat puas dengan penyelenggaraan ini, kegiatan berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Dari-Kegiatan-Girl-Guides-and-Girl-Scout-Meeting-2012.html

0 komentar:

Posting Komentar