Selasa, 28 Februari 2012

Suradadi Terserang DBD

SURADADI - Penyakit demam berdarah dengue (DBD), sejak dua pekan terakhir, menyerang Desa Suradadi Kecamatan Suradadi. Hingga kini, sedikitnya 7 anak usia balita sampai remaja, dirawat di Rumah Sakit Mitra Siaga Kramat. Untungnya, sampai dengan hari ini juga, tidak ada korban jiwa.
Kepala Desa Suradadi Tarsidjan, Selasa (28/2), membenarkan adanya kasus tersebut, dan pihaknya sudah berupaya berkoordinasi dengan instansi terkait. Bahkan, hari Kamis lalu, Puskesmas setempat sudah melakukan pengasapan atau foggingisasi ke wilayah tersebut. Tepatnya, di RT 02 RW 02 dan RT 02 RW 01.
"Alhamdullilah tidak ada korban jiwa. Wilayah di situ juga sudah disemprot (pengasapan, red). Mungkin Kamis besok, akan disemprot lagi supaya nyamuk-nyamuk tersebut, benar-benar hilang," ungkapnya, saat ditemui tengah mengujungi salah satu penderita DBD, Rian Alfu (9) warga RT 02 RW 02.
Kasus DBD ini merupakan kali pertama menyerang wilayah tersebut. Sebelumnya menurut Tarsidjan, DBD tidak pernah melanda. Kendati pernah, namun hanya di wilayah Suradadi timur. Itu pun juga, tidak mengakibatkan korban jiwa. Sejauh ini, Tarsidjan mengaku kerap menghimbau kepada warganya supaya rajin membersihkan halaman maupun kolam kamar mandi yang kerap dijadikan sarang nyamuk Aedes aegypti.
"Padahal tingkat kebersihan di sini sudah cukup bagus. Tapi ternyata, DBD masih melanda di wilayah kami. Untuk itu, kami harapkan kepada warga, supaya lebih rajin lagi membersihkan kediamannya masing-masing. Jauhkan barang-barang bekas yang dapat menimbulkan penyakit atau menjadikan sarang nyamuk," pintanya.
Ketua RT 02 RW 02 Fachriyanto menambahkan, jumlah penderita DBD di wilayahnya ada 6 orang. Sedang lainnya, merupakan warga RT 02 RW 01. Menurutnya, penderita didominasi anak-anak dan remaja. Sebelumnya, penderita mengalami demam tinggi, dan ada juga yang sampai mengeluarkan darah dari hidungnya. Namun untungnya, korban segera dilarikan ke RS.
"Anak saya juga salah satu penderita DBD. Dan alhamdullilah, anak saya sudah sedikit membaik," pungkasnya. (yer)  
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Suradadi-Terserang-DBD.html

0 komentar:

Posting Komentar