Jumat, 02 Maret 2012

Besok Pesta Siaga Kwarcab 11.28 Tegal

SEJUMLAH 36 barung tergiat putra dan putri dari 18 Kwartir Ranting (Kwarran) se-Kwarcab 11.28 Tegal, siap beradu kemampuan dan ketrampilan dalam gelaran Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang 11.28 Tegal, Minggu (4/3) besok.
Gelaran tingkat cabang yang merupakan ajang kreativitas dan ketrampilan bagi Pramuka Siaga tersebut, rencananya akan dihelat di komplek Sekretariat Pemkab Tegal dan bakal dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum.
“Peserta merupakan barung tergiat putra dan putri tingkat Kwarran,” terang Andalan Cabang Urusan Siaga yang juga Ketua Panitia Kegiatan, Makmuri SPd, kemarin.
Menurutnya, pelaksanaan kegiatan Pesta Siaga dimaksudkan sebagai sarana memberikan wadah yang terarah bagi peserta didik (pesdik) khususnya usia Siaga, sehingga diharapkan Pramuka Siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, serta mengembangkan dirinya.
“Upaya ini juga dalam rangka penanaman sikap disiplin, patriotisme, dan cinta tanah air bagi generasi bangsa,” tegasnya.
Dimana dalam warung kegiatan, tambah Makmuri, adik–adik Siaga diberikan materi dan ketrampilan yang akan menopang pembentukan karakter dan watak disiplin, cinta tanah air, maupun patriotisme tadi, yaitu seperti warung agama, seni budaya, pengetahuan tentang nama–nama mantan Presiden RI, ketrampilan, ketangkasan, dan kepemimpinan.
“Bagi barung tergiat nantinya akan mewakili Kwarcab 11.28 Tegal diajang yang sama di tingkat Binwil Pekalongan yang bakal digelar di Kota Tegal 18 Maret 2012 mendatang,” tandasnya.
AKSI DONOR DARAH
Bersamaan dengan kegiatan Pesta Siaga tingkat cabang sekaligus dalam rangka mengambil momentum kelahiran Bapak Pandu Dunia “the founding father” Baden Powell, Bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (Abdimas dan Humas) bakal menggelar aksi donor darah sukarela. Dalam aksi donor darah tersebut, Bidang Abdimas dan Humas Kwarcab 11.28 Tegal menggandeng Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tegal.
Hal itu diungkapkan koordinator aksi donor darah sukarela yang juga anggota Bidang Abdimas dan Humas, Tri Basuki. Menurutnya, kegiatan donor darah sukarela ini digelar sekaligus sebagai pembelajaran bagi adik-adik Siaga yang tengah mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwarcab 11.28 Tegal. Pasalnya, aksi donor darah sukarela akan ditempatkan berdekatan dengan sekretariat utama kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarcab 11.28 Tegal.
“Mohon dukungan dan partisipasi dari semua pihak, baik Pembina Pramuka maupun masyarakat guna suksesnya kegiatan donor darah ini,” harapnya.
Tri Basuki berharap, aksi donor darah tersebut menjadi bagian dari kegiatan Pramuka Peduli yang dapat memberikan manfaat bagi sesama yang membutuhkan. “Mudah-mudahan aksi ini dapat bermanfaat bagi sesama,” ujarnya.
Sementara secara terpisah, Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr H Bimo Bayu Adji, melalui Humasnya, Sunarto, menyambut baik aksi pedulu Pramuka Kwarcab 11.28 dengan menggelar donor darak sukarela tersebut. Pihaknya berharap, kegiatan sejenis dapat menjadi agenda rutin Pramuka.
"Kami berharap, donor darah sukarela ini dapat lebih diintensifkan lagi. Setidaknya, dapat dijalankan secara rutin. Karena dengan donor darah, dapat membantu meringankan beban penderitaan sesama yang sangat membutuhkan darah," ujarnya. (fatkhurohman)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Besok-Pesta-Siaga-Kwarcab-11.28-Tegal.html

0 komentar:

Posting Komentar