Jumat, 02 Maret 2012

Dikpora Latih Susun Kurikulum SD

UPAYA mendongkrak rangking kelulusan UN ditahun 2012 dari peringkat 32 kota/kabupaten se-Jawa Tengah menuju digit rangking dua puluhan, kini ditempuh Dindikpora Kabupaten Tegal dengan menggelar pelatihan penyusunan kurikulum di tingkat SD.
Kepala Dindikpora Kabupaten Tegal, Drs Edi Pramono, menjelaskan, dari kegiatan pelatihan penyusunan kurikulum pendidikan tingkat SD kali ini, setidaknya bisa mendongkrak mutu pendidikan sekaligus mendongkrak prestasi UN ditingkat provinsi.
Dia yang membuka ajang pelatihan penyusunan kurikulum SD tingkat Kabupaten Tegal yang digelar di ruang pertemuan SDN 03 Trayeman, Rabu (1/3) kemarin, juga didampingi Kabid Dikdas, Harjono.
"Kegiatan pelatihan ini diikuti perwakilan guru yang ada di Kabupaten Tegal. Diharapkan nantinya mereka bisa menularkan hasil pelatihan kepada sesama guru di wilayah kerjanya masing-masing," tegasnya.
Diakuinya, dalam pelatihan kali ini lebih dimatangkan pada tiga mata pelajaran masing-masing Bahasa Indonesia, Matematika, dan sains atau IPA. Dia meminta, dalam menghadapi UN mendatang agar semua guru dan Kasek bisa menjalankan proses pembelajaran yang benar. Dimana para siswa yang duduk di bangku kelas VI lebih dibiasakan diberi soal-soal dari tingkatan yang paling mudah, sedang, hingga yang paling sulit.
Terpisah Kabid Dikdas Dindikpora, Harjono, menyatakan, dari pelatihan ini diharapkan dapat berimbas untuk memacu perubahan pola mengajar guru di semua wilayah yang ada di Kabupaten Tegal. "Pemberi materi adalah rekan-rekan kerja kita yang sebelumnya sudah mendapat pelatihan di tingkat propinsi. Dari pelatihan ini, setidaknya para guru bisa lebih pandai mengatur pola pembelajaran khususnya kepada siswa kelas VI dalam menghadapi UN mendatang," terangnya.
Dia optimis, dengan melalui pola pelatihan menyusun kurikulum yang mudah diterima siswa, harapan memperbaiki rangking UN tahun ini menuju level tengah se-Jawa Tengah bukan merupakan hal yang sulit untuk diwujudkan. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Dikpora-Latih-Susun-Kurikulum-SD.html

0 komentar:

Posting Komentar