Selasa, 14 Agustus 2012

Bhaksos FKKB Dibulan Penuh Makna

DITENGAH hinggar-bingar sebagian besar warga Slawi menyongsong datangnya hari kemenangan, tak banyak orang yang terbersit untuk memikirkan kebutuhan mendasar sesamanya.
Seberkas kepekaan itu datang dari Dewan Pengurus Daerah Forum Komunikasi Kesatuan Bangsa (FKKB) Kabupaten Tegal. Seakan telah menjadi agenda tetap tahunan, kegiatan baksos untuk tahun ini terasa berbeda, lantaran bukan semata untuk menyongsong datangnya Idul Fitri namun juga sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan negeri ini yang sudah menapak diusia 67 tahun.
Ketua DPD FKKB Kabupaten Tegal, L Eddy Harnoko, mengapresiasikan kepedulian tersebut dengan melibatkan anak muda aktivis PMII dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). "Baksos ini bisa digelar berkat dukungan penuh para pengusaha, tokoh pimpinan berbagai agama, serta peran serta Dandim 0712/Tegal," cetusnya.
Senyum kecil menghampiri abang becak, penyapu jalanan, pencari rumput, hingga warga masyarakat pra sejahtera dibawah tenda raksasa yang dibentangkan Kodim 0712/Tegal di depan markas FKKB yang berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean 5 Slawi. Mereka terkalkulasi berjumlah 500 orang  untuk mendapatkan paket sembako berisikan kebutuhan dapur mulai dari beras, gula, kecap, hingga minyak goreng. Selain 500 saudara kurang mampu, baksos kali ini juga membidik bantuan untuk panti asuhan yang ada di Kabupaten Tegal.
L Eddy Harnoko, sang nahkoda FKKB mengungkapkan, kegiatan tahunan kali ini sengaja digelar selain untuk menyambut datangnya lebaran juga sebagai bentuk apresiasi peringatan HUT RI ke-67. Hal ini kelak bisa menjadi media untuk menjalin kebersamaan sesama warga bangsa.
"Melalui FKKB, untuk kesekian kalinya diingatkan bahwa kita semua bersaudara. Sebagai saudara, sewajarnyalah kita peduli terhadap sesama dengan tidak memandang asal-usul, keturunan, dan agamanya. Oleh sebab itulah, kita semua hadir disini," ujarnya.
Diakuinya selain membagi 500 paket sembako, pihaknya juga turut memberi bantuan sembako pada empat panti asuhan masing-masing PA Darul Yatama Kalikangkung Pangkah, PA Darul Farroh Harjosari Kidul Adiwerna, PA SLB Manunggal Slawi, dan PA Muhammadiyah Slawi.
Wakil Bupati Tegal, HM Hery Soelistiyawan SH MHum, memberi apresiasi positif terhadap kegiatan tahunan yang terus dijadikan budaya oleh DPD FKKB. "Paling tidak dengan kegiatan ini, wong cilik bisa gemuyu (tersenyum, Red) menghadapi lebaran. Sudah ada gula, teh, serta beras untuk membuat ketupat. Seyogyanya apa yang telah diperbuat FKKB ini bisa diikuti organisasi kemasyarakatan lainnya. Dan bagi yang menerima paket sembako, terimalah dengan ikhlas agar bisa dinikmati dengan nyaman bersama keluarga dan seluruh penghuni panti," cetusnya. Dia juga berharap, kepengurusan FKKB bisa terus dirintis dimasing-masing kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tegal.
Kegiatan yang juga dihadiri kalangan Muspika Kecamatan Slawi, Danbigif-4/Dewa Ratna, Dandim 0712/Tegal, dan seluruh tokoh agama yang ada di Kabupaten Tegal itu, bukan sekali ini saja digelar. Diakui Harnoko, setiap tahun ada tiga kali aksi baksos dilaksanakan yaitu pada peringatan tahun bari Islam, perayaan Idul Fitri, dan Hari Sumpah Pemuda. (hermas purwadi)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Bhaksos-FKKB-Dibulan-Penuh-Makna.html

0 komentar:

Poskan Komentar