Jumat, 17 Agustus 2012

Relawan Jokowi Ahok Luncurkan Jasmev

TEMPO.CO, Jakarta - Relawan pendukung pasangan calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama meluncurkan Jokowi - Ahok Social Media Volunteers (JASMEV), Ahad, 12 Agustus 2012. JASMEV merupakan wadah virtual komunitas relawan pasangan nomor urut tiga tersebut untuk memacu sentimen positif di media sosial.
"Tugas utama JASMEV membantu sampaikan informasi positif tentang Jokowi - Ahok ke publik," ujar Koordinator JASMEV Kartika Djoemadi dalam peluncuran program ini di Pecenongan, Jakarta Pusat.
JASMEV nantinya akan mengamal isu seputar pasangan ini di dunia maya. Selain merilis situs, mereka juga melengkapi amunisi senjata di dunia maya mereka dengan aktif di media sosial seperti Twitter, Facebook, Kaskus, Blog, dan Youtube. "Kami perlu mengoptimalkan kanal-kanal media sosial ini," ujarnya.
Kartika menyatakan JASMEV terbentuk atas inisiatif Jokowi - Ahok. Ide tersebut akhirnya dieksekusi oleh para relawan yang mengaku tidak dibayar dalam menggerakan roda komunitas ini. "Kami (para relawan) patungan sendiri," ujarnya.
Saat ini JASMEV telah berhasil merekrut 1.000 relawan. Dalam persentasinya mereka mengaku hingga hari pencoblosan, 20 September, membutuhkan sekitar 10.000 relawan tambahan di dunia maya. "Nantinya pada hari pencoblosan kami targetkan ada 1 juta tweet dukungan untuk Jokowi - Ahok," ujarnya.
Untuk menjalankan JASMEV, Kartika merangkul agensi media sosial Arwuda Indonesia. Mereka bekerja sama untuk menjadikan konsep ini untuk lebih mempopulerkan visi dan misi yang ditawarkan Jokowi-Ahok lewat dunia maya. "Fungsi media sosial harus dimanfaatkan baik, bukan hanya untuk kampanye negatif yang isinya mengejek atau memfitnah," ujar Sony Subrata dari Arwuda Indonesia.
Praktisi media sosial politik Yose Rizal dari PoliticalWave.com menyatakan JASMEV adalah fenomena baru. "Mereka ingin mengkoordinir relawan, agar pesan yang disampaikan lebih seragam dan terjaga," ujarnya.
Koordinasi ini bisa membuat kekuatan Jokowi - Ahok di media sosial lebih kuat. "Aktivitas kubu Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli lebih gencar (di media sosial) pada putaran dua, mereka harus bisa mengimbangi," ujarnya. Ia menyebut, sentimen positif di media massa bisa menjadi salah satu tolok ukur perolehan suara pada saat pencoblosan.

M. ANDI PERDANA
Sumber Berita :  http://id.berita.yahoo.com/relawan-jokowi-ahok-luncurkan-jasmev-062538203.html

0 komentar:

Posting Komentar