Rabu, 15 Agustus 2012

Ribuan Kendaraan Masuk Jateng via Tol

BREBES- Arus kendaraan pemudik terus mengalami peningkatan. Pada H-6 Lebaran, Senin (13/8), ribuan kendaraan pemudik dari arah Jakarta dan beberapa kota besar lainnya masuk Jateng via pintu keluar tol Kanci-Pejagan, di Pejagan Kecamatan Tanjung, Brebes. Meski demikian, arus lalu lintas di titik itu terpantau masih lancar.
“Dibanding H-7 Lebaran kemarin, hari ini memang ada peningkatan. Tapi, kenaikan volume kendaraan masih relatif normal, sehingga tidak terjadi kepadatan,” ujar Santoso, petugas Penghitung Laju Kendaraan di Pos Polisi Pintu Keluar Tol Pejagan, Senin (13/8).
Data Pos Polisi di pintu keluar Tol Pejagan menyebutkan, pada H-6 Lebaran kemarin, rata-rata 260 kendaraan/ jam masuk Jateng melalui pintu tol tersebut. Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding H-7 Lebaran yang rata-rata hanya 193 kendaraan/ jam.
Dari pukul 00.00 - 09.00 pada H-6 Lebaran, tercatat sebanyak 2.344 kendaraan yang masuk ke Jateng melalui pintu tol Kanci-Pejagan. Sedangkan H-7 Lebaran pada periode waktu yang sama hanya sebanyak 1.737 kendaraan.
Dari jumlah itu, kendaraan pribadi mendominasi sebanyak 1.074 unit. Disusul kendaraan jenis bus sebanyak 429 unit. Meski terjadi peningkatan volume kendaraan hingga mencapai 50 persen lebih, arus lalu lintas di pintu keluar tol Pejagan masih terpantau lancar. Tidak ada antrean kendaraan sama sekali di titik tersebut.
Memasang Barikade
Sementara, di jalur pantura arus kendaraan pemudik juga mengalami peningkatan, tetapi masih relatif kecil. Kendaraan pemudik yang melintas didominasi sepeda motor. Mereka melaju secara berkelompok. Menurut Santoso, peningkatan arus kendaraan yang masuk Jateng dari arah Jakarta melalui tol akan terus terjadi. Tingkat kepadatan kendaraan terjadi pada malam hari dan pagi hari. Namun, saat siang hari jumlah kendaraan yang melintas relatif menurun. “Peningkatan ini tentu akan terus terjadi hingga H-1 Lebaran mendatang,” tandasnya.
Sementara itu, untuk mengantisipasi kemacetan di sejumlah pasar tumpah, jajaran Polres Brebes telah memasang barikade. Di antaranya, di Pasar Bulakamba, Pasar Induk Brebes, Pasar Dermoleng Ketanggungan dan Pasar Losari. “Selain memasang barikade, kami juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menempatkan petugas sebelum pedagang menggelar dagangannya,” kata Kasat Lantas Polres Brebes AKP Hari Ardianto SIK, kemarin. (H38-49,23)
Sumber Berita :  http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/14/195809/Ribuan-Kendaraan-Masuk-Jateng-via-Tol

0 komentar:

Poskan Komentar