Kamis, 16 Agustus 2012

Lolos Uji Emisi Esemka Tinggal Tunggu SUT

SOLO - Usai di­pastikan lolos uji emisi di Balai Thermo­dinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Serpong, Tangerang, persiapan administrasi untuk produksi massal mobil Esemka jenis Rajawali tinggal selangkah lagi.
PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku pemegang merek Esemka tinggal menanti terbitnya Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan (Ke­men­hub), sebelum produksi massal itu dilakukan.

”Hari ini (kemarin-Red), kami menerima keterangan tertulis dari BTMP, jika Esemka sudah lulus uji emisi. Berarti hanya tinggal menunggu SUT sebagai dasar pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mobil tersebut,” ungkap Wakil Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

Dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (15/8), pria yang biasa disapa Rudy ini menerangkan, surat dari BTMP tersebut bisa dijadikan dasar bagi Ditjen Perhubungan Darat (Hubdar) untuk segera menerbitkan sertifikat tersebut.
”Rencananya, usai libur Le­baran tahun ini, kami akan berkoordinasi dengan Ditjen untuk mengurus SUT tersebut. Jika sertifikat itu bisa dikeluarkan, maka PT SMK bisa segera memproduksi mobil tersebut.”

Kirab

Lebih jauh Rudy menguraikan, berdasar surat yang diterimanya dari BTMP, emisi gas buang Esemka telah memenuhi ambang batas yang ditetapkan Kementerian Ling­kungan Hidup (Kemen LH). Setelah dilakukan lima kali pengujian, sejak Februari 2012, gas buang mobil bermesin 1.500 cc tersebut tercatat 4 gram/km untuk kadar CO dan 0,6 gram/km untuk HC+NOx.

”Angka itu berada di bawah standar yakni, untuk CO 5 gram/km dan HC+NOx 0,7 gram/km. Pada pengujian pertama, Esemka kan tidak lulus karena kadar CO-nya 11,63 gram/km dan HC+NOx 2,69 gram/km.”
Wawali menambahkan, pi­haknya juga akan segera berkoordinasi dengan PT SMK dalam persiapan produksi massal, jika nantinya SUT berhasil dikantongi.

 ”Yang harus disiapkan pertama kali adalah penyempurnaan layout dan business plan produksi massal itu. Apalagi, kami juga sudah mendaftarkan beberapa tipe Esemka lainnya, guna menjalani uji emisi di BTMP,” terang dia.
Lebih jauh ditambahkan, Pem­kot juga berencana mengarak Esemka Rajawali dan sejumlah produk otomotif bermerek Esemka lainnya, sore ini.

”Kirab tersebut juga akan diisi acara simbolis berupa serah terima kunci mobil dari STP kepada Wali Kota, sehingga mobil itu bisa digunakan sebagai mobil dinas,” kata Rudy. (H73-50,23) (/)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/16/196047/Lolos-Uji-Emisi-Esemka-Tinggal-Tunggu-SUT

0 komentar:

Poskan Komentar