Rabu, 03 Agustus 2011

Pesta Ikan Sardin Tanpa Pengawet di Restoran Tegal

BAGI pecinta sea food, ikan patikoli bakar atau goreng bisa menjadi alternatif menu ikan yang selama ini ada. Mau coba? Tapi memang harus kenal dahulu sebelum mencicipi kelezatan patikoli.
Susahnya mencari ikan patikoli di pasaran, terkait dengan habitat ikan itu sendiri yang hanya ada di perairan Karimunjawa. Sehingga ikan yang postur tubuhnya mirip dengan ikan tongkol ini hanya bisa didapat di kota Jepara, Jateng.
Di Semarang, meski tidak banyak resto yang menyediakan menu ikan patikoli, namun ada satu restoran yang cukup lengkap menjual patikoli bumbu bakar atau goreng. "Untuk mendapatkan patikoli hanya pada bulan-bulan tertentu, seperti bulan April sampai Juni," kata Sulistyo, salah seorang penjual ikan patikoli di Restoran Tegal, jalan Depok 11 Semarang.
Dibandingkan dengan ikan tuna, salmon, gurami, bandeng, mujahir, nila, atau bawal, ikan patikoli memang tak sepopuler ikan ikan konsumsi yang sangat jamak ditemui di restoran atau warung sea food pinggir jalan itu.
Karena langka itulah, maka rasa ikan patikoli ini jadi penuh sensasi. Dagingnya empuk dan rapuh mirip ikan tuna yang diawetkan sebagai sardin. Jadi makan ikan patikoli ini serasa makan sardin, dan dijamin akan tetap menyehatkan, karena tanpa ada bahan pengawet atau dimasak dulu seperti lazimnya sardin.
"Lihat saja, ikan ini nyaris tidak berduri banyak seperti bandeng, juga tidak ada sisiknya," kata Sulistyo sambil memamerkan seekor ikan patikoli yang segera memasaknya dengan bumbu bakar.
Bagaimana memasaknya?
Ikan patikoli bisa dibuat bumbu bakar atau goreng. Sebelum membakarnya, patikoli segar di bersihkan dulu, sampai joroan dan darahnya tak tersisa. Setelah itu, membersihkan dagingnya dari duri-duri, cukup dengan jari tangan.
Sebelum dibakar, ikan yang sudah dibelah itu digoreng beberapa saat, ini penting agar dagngnya benar-benar masak.
Untuk menjadikan patikoli berbumbu lezat dan aromatik, diperlukan 2 bumbu. Yang permama adalah bumbu kuning yang terdiri dari kunir, laos, serai, jahe, kemiri, mentega, jeruk nipis dan bawang merah dan putih. Bumbu ini diborehlkan pada ikan sebelum dibakar.
Lantas bumbu kedua, yang disebut bumbu penyedap seperti kecap manis, bawang putih, saus jeruk, mrica, saus tiram, gula jawa dan jinten. Bumbu penyedap ini ini diborehkan pada semua ruas tubuh ikan setelah dibakar kira-kira 5 - 7 menit.
Untuk mendapatkan sensasi ikan bumbu bakar yang lezat, patikoli bisa wajib hukumnya untuk menyertakan sambal terasi, dan aneka sayur mayur segar. dan lebih asyik bila dimakan tanpa sendok, tapi dengan cara muluk (menggunakan tangan).
Nah, kebayang lezatnya? Maka bagi Anda yang menyukai sardin tapi takut kesehatannya terganggu, ya cobain saja ikan patikoli bumbu bakar.
( Bambang Isti / CN25 )
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/kuliner/2011/05/17/171/

0 komentar:

Posting Komentar